Scroll to Top

Jepret Dulu Baru Fokuskan-Lytro Light Field Camera

By Moch Ridwan / Published on Wednesday, 26 Oct 2011

Selang beberapa bulan setelah Lytro membuat rumor di internet mengenai sebuah produk kamera yang revolusioner. Perusahaan yang berbasis di Silicon Valley itu mengumumkan bahwa produk pertama mereka telah diluncurkan, ‘Lytro Light Field Camera’.

Kamera terbaru ini dibuat berdasarkan hasil disertasi CEO Lytro dan pendirinya Dr. Ren Ng’s dalam bidang Ilmu komputer di Stanford. Lytro kamera memiliki kelebihan yaitu konsumen dapat melakukan fokus terhadap salah satu area foto setelah mereka melakukan pemotretan.

Lytro Light Field Camera
Lytro Light Field Camera

Prinsip dasar Lytro Light Field Camera adalah alih-alih dengan menangkap cahaya atau obyek dari satu sudut saja, maka kamera keluaran Lytro ini akan menangkap seluruh berkas cahaya yang dipantulkan oleh suatu obyek dari segala penjuru, merekam segala warna, intensitas, serta arah vektor dari berkas cahaya.

Dipersenjatai dengan pengolah data multidimensi maka kamera tersebut akan dapat menggunakan algoritma komputer untuk menghitung bagiamana penampakan gambar jika obyek di potret dengan menggunakan jarak yang berbeda. Hasil yang didapatkan adalah sebuah ‘gambar hidup’ yang dapat di fokuskan kapan saja.

Desain yang ditunjukkan Lytro Light Field Camera juga sederhana dan mudah dipergunakan oleh konsumen. Berdimensi 1.61×1.61×4.41 inchi, dengan berat 8 ons dan terlihat seperti kaleidoskop. Menggunakan lensa dengan optical zoom f/2.0. Hanya terdapat dua tombol power dan shutter, slider zoom layar sentuh, plus 1.46 inchi LCD viewfinder. Disebabkan kamera ini menggunakan proses terkompuetrisasi untuk mendapatkan gambar dengan menggunakan fokus yang berbeda maka kamera ini tak memiliki mekanisme auto-fokus seperti kamera konvensional. Berita baik yang lainnya adalah disebabkan Lytro Light Field Camera menangkap semua cahaya yang tersedia yang dipantulkan oleh obyek dengan lensa f/2.0 nya maka kamera ini baik digunakan untuk memotret tempat yang minim cahaya tanpa menggunakan cahaya flash.

Pihak Lytro menyediakan dalam tiga pilihan warna yang berbeda yaitu Red Hot yang dijual seharga $499 serta Graphite dan Electric Blue yang dijual dengan harga yang sama yaitu $399. Perbedaan keduanya terdapat dalam kapasitas penyimpanan dimana Red Hot 16 GB dan dua varian lainnya adalah 8 GB. Red Hot mampu menyimpan 750 gambar sedangkan dua tipe lainnya hanya 350 gambar.

Mau beli Lytro Light Field Camera dilahkan kunjungi Lytro Shop.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda