Scroll to Top

Designer iPod Ciptakan Thermostat Pintar

By Moch Ridwan / Published on Wednesday, 26 Oct 2011

Tony Fadell, orang yang telah terlibat dalam 18 generasi iPod saat ini meluncurkan produk khusus dari perushaanya sendiri ‘Nest Labs’ sebuah termostat seksi dan ramah lingkungan yang diberi nama ‘Nest’.

“Nest merupakan thermostat yang bisa di program ataupun memprogram dirinya sendiri seharga $249,” demikian tutur Fadell.

Saat pertama kalinya di aktifkan, pengguna kemungkinan akan menseting thermometer tersebut saat pagi hari, saat mereka pergi bekerja, pulang kerja, bahkan ketika sedang tidur. Akan tetapi nest dengan sendirinya akan mempelajari tingkah laku penggunanya sehingga dia pun bisa memprogram suhu otomatis. Jika pemilik meninggalkan rumah untuk kurun waktu yang lama maka Thermostat itu akan menseting pemanas dan pendingan ruangan dalam mode ‘hemat energi’.

Fadell Nest Thermostat

Dengan membuat dirinya mudah untuk mengontrol temperatur maka Thermostat buatan Fadell ini akan berdampak besar bagi penghematan energi yang sekaligus dapat mereduksi tagihan bulanan rumah tangga yang diakibatkan oleh penggunaan mesin pemanas atau pendingin ruangan. Bahkan Fadell mengklaim thermostat buatannya mampu menghebat beban biaya listrik hingga 30%.

“Jika Anda tak membuat sebuah alat yang cukup cerdas maka orang tak akan tertarik untuk memberlinya,”

“Saya ingin menjadi permata di dinding Anda. Orang datang dan pergi ke rumah Anda , dan akan pertanya ‘Apa itu di dinding Anda?’ dan Anda pun menjawab silahkan cek sendiri dengan hati yang puas,”

Bentuk Nest bundar seperti permata. Dibandingkan dengan menampilkan angka yang membuat pemilik sedikit bingung maka tampilan suhu di Nest ditampakkan dengan bulatan besar berwarna keemasan di bagian depan posisi tengah. Untuk mengatur suhu maka Anda tinggal memutar bagian pinggirannya. Warna Nest akan
berubah menjadi biru jika Anda mendinginkan ruangan dan menjadi merah jika

Anda melakukan sebaliknya. Jika Anda keluar rumah dan lupa merubah thermostat Anda maka Anda tak perlu khawatir Tinggal keluarkan iPhone atau Android yang Anda miliki dan Anda dapat merubahnya di mana saja dengan menggunakan koneksi internet.

“Nest adalah thermostat iPod,” pungkas Fadell.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda