Scroll to Top

Foxconn Siapkan 10 Ribu Robot untuk Rakit iPhone 6

By Ditya / Published on Tuesday, 08 Jul 2014
Foxconn
Foxconn

[dropcap]F[/dropcap]oxconn secara resmi telah mengumumkan bahwa pihaknya akan menyiapkan sekitar 10 ribu robot untuk menangani proses perakitan smartphone iPhone 6. Seperti yang kita ketahui, Foxconn adalah perusahaan manufaktur raksasa yang sering mengalami konflik dengan karyawannya. Kehadiran robot untuk menggantikan karyawan ini diharapkan dapat mengurangi potensi konflik.

CEO Foxconn atau Hon Hai Grup, Terry Gou, mengatakan bahwa saat ini robot yang akan digunakan untuk merakit iPhone telah mencapai tahap pengujian akhir. Robot canggih tersebut dinamai Foxbot dan akan menggantikan pekerja di pabrik untuk melakukan perakitan smartphone.

Terry Gou mengatakan bahwa untuk setiap robot Foxbot ini, perusahaan harus merogoh kocek hingga $20.000 hingga $25.000 atau sekitar Rp 236 juta lebih. Gou juga mengatakan bahwa robot canggih Fixbot ini memiliki biasay operasional yang rendah dan mampu merakit hingga 30 ribu handset.

Saat ini, robot Foxbot ini dirancang khusus untuk merakit produk-produk besutan Apple dan iPhone 6 adalah produk perdananya. Terry Gou juga mengatakan bahwa di masa depan, fasilitas robot perakit Foxbot ini akan tersedia untuk semua klien Foxconn, tak hanya Apple saja.

Apple sendiri tahun ini akan merilis banyak produk baru, yakni iPhone 6 yang terdiri dari dua varian, tablet iPad Air 2, jam tangan pintar iWatch, dan mungkin iPad Mini generasi ketiga. Kehadiran 10 ribu Foxbot di pabrik Foxconn ini diharapkan dapat memenuhi target produksi jajaran produk baru tersebut.

Seperti yang dilansir dari Techno Buffalo (07/07/2014), 10 ribu Foxbot ini kemungkinan akan hadir secara bertahap di pabrik Foxconn. Perusahaan tersebut telah melakukan investasi untuk Foxbot senilai $10,5 miliar. Selain produksi yang lebih cepat, Foxbot ini juga mengurangi potensi konflik yang sering terjadi antara buruh dan perusahaan Foxconn.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda