Scroll to Top

Mourinho Adukan UEFA ke CAS

By Fitra Firdaus / Published on Thursday, 09 Jun 2011

Jose Mourinho kembali berulah. Entah karena dendam atau ingin menegakkan kebenaran, The Special One mengadukan UEFA ke CAS, Pengadilan Arbitrase Olahraga.

Bagi kita yang menggemari sepakbola Indonesia, CAS bukan hal baru. Kita meningat saat itu Kelompok 78 tidak menerima keputusan FIFA tentang dilarangnya George Toisutta dan Arifin Panigoro untuk menjadi calon ketua PSSI. Kelompok 78 yang menganggap FIFA mengebiri hak mereka lantas mengadukan FIFA ke CAS dan meminta CAS mengambil keputusan atas penolakan FIFA terhadap GT dan AP. CAS tidak mengabulkan permintaan Kelompok 78.

Kembali pada kasus Mourinho, ia mengadukan UEFA yang menghukumnya tidak boleh mendampingi tim yang dilatihnya dalam lima pertandingan tingkat Eropa. Hukuman ini sudah dijalani Mourinho sekali kala ia tidak menemai Real Madrid yang menahan Barcelona 1-1 di Camp Nou pada semifinal Liga Champions musim ini. Artinya, masih ada sisa empat pertandingan lagi.

Mourinho dihukum UEFA tanpa alasan. Ia menuduh ada konspirasi di balik kekalahan Madrid 0-2 dari Barcelona di semifinal pertama Liga Champions. Ia juga mempertanyakan kartu merah yang didapatkan oleh Pepe, pemain Real Madrid. Mou berkilah bahwa dari tayangan ulang Pepe tidak menyentuh kaki Daniel Alves, pemain yang dilanggarnya. Namun, sebenarnya jika kaki Pepe mengenai pada pergelangan kaki Alves, bukan tidak mungkin Daniel Alves akan cacat seumur hidup.

Kartu merah diberikan sebagai peringatan agar tidak ada pemain yang berbuat demikian lagi.

Entah apakah kali ini CAS akan berbaik hati terhadap Mourinho. Biasanya CAS tidak akan menanggapi permintaan “lebay” semacam ini, seperti yang dilakukan CAS kepada Kelompok 78.

Yang perlu diperhatikan, Mourinho bukan sekali ini saja bermasalah dengan UEFA. Pada babak penyisihan grup Liga Champions, Mourinho menginstruksikan Sergio Ramos dan Iker Cassilas untuk sengaja mendapatkan kartu merah sehingga dapat menghemat tenaga. Mourinho mendapatkan hukuman akibat tindakan konyolnya ini.

 

Komentar Anda