Scroll to Top

Resmi: Luis Enrique Latih Roma

By Wan Faizal / Published on Thursday, 09 Jun 2011

Manajemen AS Roma resmi mengontrak Luis Enrique untuk melatih Il Giallorossi selama dua musim dengan opsi perpanjangan semusim apabila kinerjanya memuaskan. Disana, Enrique akan mendapat bayaran 1,6 juta euro per musim. Kesepakatan ini terjadi pada Rabu (8/6/2011) malam.

Sebelumnya, eks kapten Barcelona ini melatih Barcelona B yang bermain di Segunda Division, atau kasta kedua di Liga Spanyol. Prestasinya pun cukup apik. Ia berhasil membawa Barcelona B finish di posisi ke-3 dengan total 71 poin, hasil dari 20 menang, 11 seri, dan 11 kalah, dari 42 laga. Sayangnya, mereka tidak bisa promosi ke Primera Division karena keberadaan tim utama Barcelona disana.

“Saya senang dengan pilihan ini dan antusias dengan proyek yang akan dilakukan Roma. Sebuah proyek yang hebat, dan saya adalah pelatih yang ambisius,” ucap Enrique.

Ketika disinggung apakah ia dapat menerapkan gaya permainan El Barca ke Roma, dengan lugas Enrique berkata, “Dapatkah (sepakbola) model Barcelona diekspor? Ya, saya pikir bisa. Anda hanya harus memiliki pemain-pemain yang tepat,” tukas Enrique.

Dengan kepastian Enrique membesut Roma, beredar rumor yang menyebutkan beberapa anak asuhnya di Barcelona B akan mengikuti jejaknya. Jeffren Suarez, Oriol Romeu, Martin Montoya, dan Jonathan Soriano yang merupakan top skor Segunda Division 2010-2011 dengan 32 gol. Bahkan Bojan Krkic juga dirumorkan akan dibawa Enrique.

“Saya akan memainkan pemain-pemain terbaik yang ada di Roma, dan juga akan mencoba membawa beberapa pemain muda Barcelona kesini,” jelas Enrique.

Pelatih berumur 41 tahun ini  juga akan membawa beberapa staff-nya di Barcelona B ke Roma. Mereka adalah Joan Barbara (asisten pelatih), Jose Ramon Callen (pelatih fisik), Isidro Ramon (taktik), Joaquin Valdes (pelatih mental), dan Ivan De La Pena (kolaborator teknik).

Setelah sukses mendapatkan pelatih, kini manajemen Il Lupi bisa fokus untuk mendatangkan pemain-pemain incaran mereka, diantaranya Erik Lamela (River Plate), Ricky Alvarez (Velez Sarsfield), Lukas Podolski (FC Cologne), Leonel Galeano (Independiente), Cristian Ansaldi (Rubin Kazan), dan Gael Clichy (Arsenal). Tiga nama pertama merupakan pemain yang berpeluang besar membela Roma musim depan.

Benvenuto (selamat datang), Luis Enrique…

Komentar Anda