Scroll to Top

Game Transfer Phenomena: Fenomena Unik yang Terjadi Pada Para Gamer

By melissa / Published on Wednesday, 30 Jul 2014

Apakah Anda seorang gamer yang sering merasa masih mendengar suara musik, tembakan atau ledakan dari game yang Anda mainkan meski telah mematikan game tersebut?

Studi terbaru dari Gaming Research Unit di Nottingham Trent University yang dipublikasikan di Journal of Cyber Behaviour, Psychology and Learning melaporkan bahwa banyak gamer yang merasa masih mendengar suara ledakan, teriakan atau tembakan laser setelah mereka berhenti bermain.

Kondisi tersebut disebut sebagai “game transfer phenomena (GTP)”, yaitu sebuah perilaku kognitif yang muncul setelah bermain game.

Studi terdahulu mengenai fenomena pasca bermain game lebih berfokus pada efek dan distorsi visual, seperti pemain Tetris yang masih melihat balok-balok berjatuhan meski ia sedang menutup matanya.

Dilansir dari The Guardian, studi terbaru dari Nottingham Trent University tersebut membuktikan bahwa tidak hanya efek visual, tetapi efek auditori alias pendengaran juga ikut terpengaruh.

Tim peneliti Nottingham Trent mengunjungi forum-forum game dan mengumpulkan bukti anekdotal dari 1244 gamer mengenai pengalaman GTP.

12% responden mengaku bahwa mereka mendengar suara tebasan pedang, bunyi elektronik dan koin berjatuhan dari game Super Mario.

Angelica Ortiz De Gortari selaku kepala peneliti mengatakan bahwa banyak gamer yang mengaku mendengar musik game seperti halnya mereka mendengar lagu meski lagu tersebut telah dimatikan.

Fenomena ini juga sering terjadi saat gamer ingin tidur, sehingga menyebabkan mereka terbangun hanya karena merasa belum mematikan konsol atau komputer mereka.

Ada 1 gamer yang mengaku mendengar suara game saat ia melintasi bangunan yang mirip dengan bangunan yang ada di game tersebut.

Bahkan ada gamer yang mengatakan bahwa ia mendengar suara sinyal radio penanda datangnya monster di game Silent Hill ketika ia berada di ruangan gelap.

De Gortari memiliki teori bahwa GTP terjadi akibat pemahaman otak terhadap input sensorik. Suara-suara dari game memiliki arti tertentu dalam game tersebut, sehingga otak mengaitkannya dengan arti yang serupa di dunia nyata.

Proses asosiasi informasi yang terjadi terkadang akan membuat otak menjadi ‘bingung’ dan sulit dikendalikan.

Penelitian GTP ditujukan untuk gamer yang merasa takut dengan fenomena tersebut. Kondisi yang terjadi selama beberapa jam hingga beberapa hari setelah sesi bermain yang sangat lama dapat mengganggu gamer yang sensitif, meski beberapa gamer menganggapnya sebagai suatu hal yang lucu.

Karena sampel studi yang terhitung kecil dan masih banyak pertanyaan yang belum terjawab, banyak pihak yang skeptis terhadap fenomena GTP, terutama apabila pemain terlalu membesar-besarkan kejadian yang dialaminya setelah bermain game.

Fenomena GTP sendiri dianggap masih harus diteliti lebih lanjut dengan metode penelitian eksperimen.

Sebelumnya, pengalaman yang menyerupai GTP juga telah diteliti di awal tahun 90-an dengan judul “This is your brain on Tetris” yang berisi riset dari University of California tentang efek Tetris terhadap otak pemain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda