Scroll to Top

HP Tetap Menjaga Divisi PC Miliknya

By Ivan Azzam / Published on Friday, 28 Oct 2011

Seperti yang diketahui, setelah HP gagal memasuki pasaran tablet dan terpaksa menghentikan produksi TouchPad miliknya, HP juga membahas nasib divisi PC miliknya, apakah perlu dijual seperti layaknya IBM dulu menjual kepada Lenovo atau menjaganya, dan jawabannya adalah HP menjaga divisi PC miliknya, sebagaimana yang diumumkan oleh CEO HP yang baru, Meg Whitman.

Hewlett-Packard logoTadinya mereka berencana memecah dan menjual Personal Systems Group, divisi PC mereka dan fokus ke pasar enterprise. Keputusan HP itu muncul saat CEO HP masih dijabat Leo Apotheker, namun sejak itu dia sudah diganti dengan mantan CEO eBay, Meg Whitman. Saat itu Whitman berjanji untuk meneruskan mandat Apotheker namun rupanya dia berubah pikiran juga.

HP mengklaim bahwa akan menjaga PSG dan terus melakukan perubahan. Todd Bradley, wakil direktur eksekutif PSG mengatakan mereka berniat untuk memimpin bisnis PC di dunia lebih baik.

Dan apa maksud dari kebijakan HP ini? Pertama, tidak ada pembeli yang tertarik terhadap divisi PC milik HP ini, kedua jika memisahkan atau menjualnya juga para pemegang saham tidak akan untung, ketiga PSG masih menghasilkan untung banyak, jadi mempertahankannya adalah paling baik.

Meski divisi PC dipertahankan, namun rupanya HP tetap akan memisahkan divisi pengembangan webOS miliknya.

Menurut hemat saya, kebijakan HP ini cukup tepat, karena HP akan tetap memiliki peluang untuk memimpin pangsa pasar PC/laptop, tidak seperti kebijakan IBM saat menjual divisi PC miliknya ke pihak lain. Berkaitan dengan pasar mobile, lebih disukai sebenarnya jika HP bisa mengembangkan webOS miliknya menjadi semakin baik, baru HP melisensikan kepada pabrikan lain, jadi meski HP sebenarnya berhenti memproduksi tablet yang berisi webOS, setidaknya jika HP melakukan kebijakan ini, secara tidak langsung HP bisa menjadi pemain potensial di pasar mobile, sama halnya di pasar PC. (via Geek)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda