Scroll to Top

Cara Usir Kutu Beras

By Ilham Choirul / Published on Saturday, 29 Oct 2011

kutu beras

Untuk menyukupi kebutuhan makan setiap hari, biasanya setiap rumah menyetok beras hingga beberapa kilo. Sehingga, memasak beras bisa dilakukan sewaktu-watu saat nasi habis. Hanya saja, seringkali beras dihinggapi oleh kutu yang membuat kualitasnya menurun. Anda pun jadi terganggu.

Seperti dirilis SuryaOnline, untuk menyingkirkan kutu beras ini  Anda bisa menggunakan cara berikut:

  • Campurkan tumbukan daun jeruk perut ke dalam stok beras Anda. Takarannya, cukup gunakan 50 gram daun jeruk untuk tiap 10 kilogram beras. Saat dimasak, nasi juga akan punya aroma harum.
  • Bisa juga Anda masukkan dua sampai tiga tangkai daun asam jawa atau belimbing wuluh. Tapi, bersihkan dan keringkan dulu sebelum dicampurkan dengan beras.
  • Dengan memasukkan beberapa batang lada kering, juga efektif menghalau kutu beras.
  • Terakhir, kutu beras tidak suka dengan bau cabai kering. Jadi, memasukkan  satu sampai tiga cabai kering bisa mengusir kutu.

Anda bisa memilih salah satu dari cara di atas. Jangan lupa, tutup rapat tempat stok beras Anda dan menyimpannya di tempat yang sejuk.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda