Scroll to Top

Kynurenine, Sang Pemicu Tumor Otak Ditemukan

By Ilham Choirul / Published on Saturday, 29 Oct 2011

tumor otak

Oktober 2011 ini, jurnal kesehatan Nature memuat temuan ilmiah yang membuka jalan dalam pencegahan dan pengobatan tumor otak. Sebuah tim peneliti internasional menemukan penyebab munculnya tumor yang bersarang di dalam kepala anak-anak sampai usia dewasa itu.

Dalam kajian tersebut dinyatakan, hasil metabolisme asam amino triptofan yang bernama  kynurenine, diduga kuat berperan langsung dalam membantu pertumbuhan sel tumor otak. Sehingga, sel abnormal lebih mudah tersebar dengan dorongan kynurenine.

Temuan ini, menurut Gilles Guillemin, profesor dari University of New South Wales, menjadi babak baru dalam menerapkan terapi pada beberapa bentuk penyakit yang berhubungan dengan otak, yang bukan hanya tumor otak. Misalnya alzheimer, motor neuron, multiple sclerosis, dan parkinson.

Khusus untuk tumor otak, kabar ini menggembirakan bagi penderita tumor otak tipe glioma. Setidaknya, ada peluang untuk meningkatkan kualitas hidup mereka. Karena, para pasien yang mengidap sakit ini divonis masa hidupnya tidak lebih dari 365 hari. Kabar baiknya, telah dikembangkan pula obat oral yang berfungsi menghambat enzim dalam produksi kynurenine.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda