Scroll to Top

Hasil Kualifikasi F1 GP India: Pole ke-13 Buat Sebastian Vettel

By Rheza Fadhlillah / Published on Saturday, 29 Oct 2011

Sebastian-Vettel-IndianGP

Sebastian Vettel menjadi pembalap tercepat pada sesi kualifikasi yang berlangsung di Sirkuit Buddh International, New Delhi.

Vettel menorehkan catatan waktu terbaik satu menit 24.178 detik pada sesi kualifikasi Q3.Hasil tersebut mengantarkannya menyamai rekor legenda Aryton Senna dan Alan Prost dengan 13 kali berada di posisi pole dalam satu musim.

Vettel masih memiliki kesempatan untuk menyamai rekor Nigel Mansell dengan 14 kali pole dalam satu musim atau bahkan mencatat rekor baru 15 kali pole dalam semusim apabila ia mampu melakukannya pada dua seri tersisa di Abu Dhabi dan Brazil.

Red Bull pada kesempatan ini juga sukses membuat rekor baru pole dengan 16 kali pole dalam satu musim mengalahkan rekor sebelumnya yang dipegang oleh Mclaren dengan 15 Pole.

Sukses Vettel diikuti oleh rekan satu timnya, Mark Webber, yang mengisi posisi ketiga dibelakang pembalap Mclaren, Lewis Hamilton. Namun, balapan esok hari tampaknya akan menjadi milik Red Bull sepenuhnya setelah Hamilton mendapatkan pinalti turun tiga posisi karena mengacuhkan bendera kuning saat sesi latihan bebas pertama berlangsung.

Fernando Alonso sempat bertengger di posisi pertama pada menit-menit awal Q3, sebelum akhirnya tergeser dan terus tergeser hingga ke posisi 5. Usahanya pada fase akhir Q3 hanya mampu membawanya berada di posisi keempat di depan Jenson Button.

Nasib sial justru menimpa rekan satu tim Alonso, Felipe Massa. Massa gagal bangkit dari posisi keenam setelah mobilnya berlari keluar lintasan dan menabrak tembok pembatas. Ia pun tidak bisa melanjutkan kualifikasi.

Nico Rosberg mengisi posisi ketujuh diikuti Adrian Sutil di posisi kedelapan. Kejutan kembali datang dari duet Torro Rosso, Sebastian Buemi dan Jamie Alguersuari, yang secara mengejutkan berada di posisi sepuluh besar.

Dua pembalap tersebut menggeser Vitaly Petrov yang sempat menguasai kualifikasi Q1. Kesialan menambah buruk penampilan Petrov yang pada balapan ini juga mendapat pinalti turun 5 grid karena menjadi penyebab kecelakaan pada GP Korea.

Nama lain yang harus tergeser dari posisi sepuluh besar ialah Michael Schumacher. Schumacher gagal menembus Q2 setelah hanya mampu berada di posisi ke-12 pada kualifikasi.

GP India tampak akan menjadi tempat berikutnya rangkaian perayaan kemenangan Sebastian Vettel. Terbukti setelah Vettel dengan mudah mengklaim posisi pole pada kualifikasi Q3. Lewis Hamilton yang mendapat pinalti turun tiga grid masih memiliki kesempatan memberikan tekanan kepada Vettel apabila ia mampu menusuk kebarisan depan saat balapan dimulai.

Akan tetapi apabila tidak ada satu pembalap pun yang menghalangi Vettel sejak putaran pertama, maka kemungkinan besar pembalap Jerman tersebut akan merajai Buddh International Circuit.

Hasil Kualifikasi GP India, Buddh International Circuit:

  1.  Sebastian Vettel Red Bull-Renault 1:24.178s
  2.  Lewis Hamilton McLaren-Mercedes
  3.  Mark Webber Red Bull-Renault
  4.  Fernando Alonso Ferrari
  5.  Jenson Button McLaren-Mercedes
  6.  Felipe Massa Ferrari
  7.  Nico Rosberg Mercedes
  8.  Adrian Sutil Force India-Mercedes
  9.  Sebastien Buemi Toro Rosso-Ferrari
  10.  Jaime Alguersuari Toro Rosso-Ferrari
  11.  Vitaly Petrov Renault
  12.  Michael Schumacher Mercedes
  13.  Paul di Resta Force India-Mercedes
  14.  Pastor Maldonado Williams-Cosworth
  15.  Bruno Senna Renault
  16.  Rubens Barrichello Williams-Cosworth
  17.  Sergio Perez Sauber-Ferrari
  18.  Kamui Kobayashi Sauber-Ferrari
  19.  Heikki Kovalainen Lotus-Renault
  20.  Jarno Trulli Lotus-Renault
  21.  Narain Karthikeyan HRT-Cosworth
  22.  Daniel Ricciardo HRT-Cosworth
  23.  Jerome D’Ambrosio Virgin-Cosworth
  24.  Timo Glock Virgin-Cosworth

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda