Scroll to Top

Siri Tak Bisa Pahami Aksen Lokal, Konsumen Inggris pun Kecewa Dengan iPhone 4S

By Moch Ridwan / Published on Monday, 31 Oct 2011

Siri, salah satu fitur paling top yang ada di Apple iPhone 4S ternyata memiliki kekurangan. Ratusan orang yang ada di Inggris terutama yang berada di Chelsea, Edinburg, dan Skotlandia frustasi lantaran Siri tak memahami logat atau aksen percakapan yang mereka ajukan ke Siri.

siri tak mengerti aksen lokal

Saking kesalnya mereka atas smartphone yang telah mereka beli itu, mereka pun berbondong-bondong menuangkan kekecewaan dengan mengirim pesan melalui internet, blog, atau video di Youtube.

Dalam sebuah video di Youtube yang di unggah oleh Boston Globe, penduduk lokal Inggris Bill Baker mananyakan pada Siri sebuah pertanyaan dengan aksen khas Inggris, “Can I pahk my caaar in Havahd yahd?” namun Siri kemudian memberikan jawaban yang mengecewakan, “I’m not aware of any appointments about ‘haven’t yet.'”

Video lain seorang berkebangsaan Skotlandia mengajukan pertanyaan ke Siri, “Can you dance with me,” akan tetapi asisten wanita dari iPhone 4S itu hanya menjawab, “Can you ducth women”.

Terdapat lagi video yang menuruh Siri untuk membuat sebuah alarm aatu pengingat tanggal, “Create a reminder” namun Siri kemudian sekali lagi memberikan jawaban ,” I do not understand create Alammain,” .

Menurut pernyataan resmi di website Apple mereka mengklaim bahwa Siri bisa mengerti bahasa Inggris (baik USA atau UK), Perancis serta Jerman. Namun demikian mereka juga menambahkan bahwa Siri di disain untuk mengerti logat atau dialek negara yang di suport akan tetapi laju keakuratan akan semakin tinggi dialami oleh penduduk asli.

Mungkin inilah yang menjadi sebab Siri tak bisa mengartikan percakapan yang telah di lakukan oleh penduduk Skotlandia terhadapnya. Seperti yang kitaketahui bahwa aksen orang Skotlandia terdengar sama sekali berbeda dengan dialek orang Inggris pada umumnya.

Walaupun demikian masalah aksen ini bisa jadi akan menjadi pengawasan oleh Apple, dan mereka meyakinkan bahwa Siri merupakan jenis pertama yang ada untuk merespon percakapan yang bersifat kasual.

“Format percakapan dengan menggunakan bahasa yang natif memang sesuatu yang sangat rumit,” demikian kata staf Apple.

“Siri menggunakan algoritma pengenal suara untuk mengkategorisasikan suara Anda kepada dialek atau aksen yang dia mengerti. Jadi semakin banyak orang yang menggunakan Siri dengan menggunakan berbagai variasi bahasa maka secara keseluruhan pengenalan dialek dan aksen Siri akan berkembang pula, dan tentu saja Siri akan menjadi jauh lebih baik,” tandasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda