Scroll to Top

Banjir Thailand Tak Surut, Produksi Honda Indonesia Terganggu

By Aditya Mahadika / Published on Tuesday, 01 Nov 2011

Tak kunjung surutnya banjir di Thailand ternyata berdampak pada produksi mobil Honda di Indonesia. Pasalnya, selain memboyong mobil secara utuh dari Negeri Gajah Putih itu, Honda Indonesia juga mendatangkan beberapa komponen dari sana.

Dalam keterangan pers Honda Motor Co disebutkan jika banjir di Thailand bagian pusat dan utara menyebabkan produksi mobil Honda di Honda Automobile (Thailand) Co., Ltd. Factory (HATC, Ayutthaya Plant) terganggu.

Sebagai akibat terhentinya pasokan komponen, HATC telah menghentikan aktivitas produksi sejak tanggal 4 Oktober. Hingga saat ini, Honda belum dapat memastikan kapan aktivitas produksi dapat berjalan kembali.

Selain itu, pabrik mobil Honda di Malaysia, HMSB, juga telah menghentikan produksi mereka sejak tanggal 25 Oktober akibat kurangnya pasokan komponen dari Thailand. Sementara, PT Honda Prospect Motor sebagai pemegang merek Honda di Indonesia juga melakukan penyesuaian terhadap tingkat produksi mereka akibat terganggunya kiriman komponen dari Thailand.

“Meskipun untuk sementara waktu disesuaikan menjadi 1 shift dari yang sebelumnya sebanyak 2 shift. HPM akan terus memantau situasi secara seksama, sementara berusaha semaksimal mungkin untuk menormalisasi tingkat produksi dalam waktu sesingkat-singkatnya,” tulis HPM.

Honda memboyong utuh sedan Honda City, Honda Civic, dan Honda Accord dari Thailand. Pasokan ketiga model tersebut saat ini terpaksa mandek. Sedangkan komponen yang didatangkan dari Thailand digunakan untuk Honda Jazz dan Honda Freed.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda