Scroll to Top

Sofiane Feghouli: Zidane Baru dari Valencia

By Fitra Firdaus / Published on Tuesday, 01 Nov 2011

Sofiane Feghouli. Nama ini semakin menjadi buah bibir setelah laga Valencia kontra Getafe. Gelandang yang disebut-sebut sebagai Zidane Baru ini mencetak dua gol dalam kemenangan El Che 3-1. Dengan usia 21 tahun, calon pemain internasional Aljazair ini bisa dikatakan akan menghibur pendukung Valencia yang resah sepanjang musim panas ini.

Sofiane Feghouli

Kehilangan Juan Manuel Mata ke Chelsea adalah luka paling dalam bagi suporter Sang Kelelawar. Para petinggi klub melakukan pengkhianatan demi pengkhianatan, menjual para pemain bintang, demi menutupi utang.

Namun, mencuatnya Feghouli setidaknya memberi harapan segar bagi kubu El Che. Pemain yang memulai kariernya di Grenoble ini datang untuk mendapatkan tempat utama. Sempat dipinjamkan setengah musim di Almeria, Feghouli tampil apik akhir musim lalu. Ia mampu membuat 2 gol dari 9 laga.

Di tingkat Internasional, awalnya Feghouli sempat bermain untuk Prancis U-21. Namun, bujukan demi bujukan tanah asal orang tuanya, Aljazair akhirnya menggoyahkan “iman” pemain bertinggi 178 cm.

Ia dikontak langsung pelatih timnas Aljazair pada 2008, Rabah Saadane. Feghouli bahkan akhirnya dipertemukan dengan Presiden Federasi Sepakbola Aljazair, Mohamed Raouraoua 3 tahun kemudian. Dalam pertemuan tersebut, Feghouli luluh dan bersiap untuk bergabung dengan Aljazair. Ia dipanggil ke timnas pada 25 Oktober lalu dan siap berlaga dalam pertandingan ujicoba internasional melawan Tunisia dan Kamerun November ini.

Kini, Feghouli bisa mengambil peranan penting saat Valencia menjamu Bayer Leverkusen di Liga Champions. Maklum, El Che tengah berada di peringkat ketiga grup. Tentu menyakitkan, sudah berada di 32 besar kasta tertinggi Eropa, namun kelak justru berlaga di Europa League.

Apalagi, Valencia menyimpan dendam. Dua minggu lalu, saat bertandang ke kandang Leverkusen, mereka gagal mempertahankan keunggulan 0-1. Akibatnya, tiga angka tidak diraih. Valencia pulang dengan kekalahan dan dikritik pendukung sendiri.
Tumpuan harapan dan beban El Che, kini disandangkan pada pemuda bernomor punggung 8 ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda