Scroll to Top

Jokowi Ngotot Naikkan Harga BBM, Siap Tidak Populer

By vratislav / Published on Friday, 29 Aug 2014

Jokowi sebagai presiden terpilih siap mengambil langkah tidak populer dengan menaikkan harga BBM. Hal ini terjadi setelah presiden SBY menolak permintaan kenaikan harga bahan bahar minyak di sisa periodenya memerintah.

Dilansir oleh Tempo, Jokowi mengaku siap bertindak tegas dengan menaikkan harga BBM di era pemerintahannya. Disebutkan mantan walikota Solo ini, “Saya siap tidak populer (terkait kebijakan ini).”

Sebelumnya dalam pertemuan dengan Presiden SBY di Nusa Dua, Bali, Jokowi terlibat dalam pembicaraan serius. Sang gubernur DKI meminta SBY untuk menaikkan harga bahan bakar minyak demi menekan defisit RAPBN 2015.

Jokowi menyatakan, “Saya maunya (defisit dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara 2015) sekecil-kecilnya. Teknisnya (seperti apa) tanya ke tim transisi).”

Jokowi juga menyebutkan bahwa SBY tidak akan menaikkan harga BBM di akhir masa pemerintahannya, “Beliau (SBY) menyampaikan, saat ini kondisinya dianggap masih kurang tepat untuk menaikkan (harga) BBM. Kenapa beliau menolak, tanya beliau.”

Jokowi menyebutkan, subsidi BBM di era pemerintahannya yang baru akan dikurangi. Nantinya, subsidi bahan bakar minyak ini akan dialihkan kepada usaha produktif. Misalnya, benih untuk petani, pestisida, dan solar untuk nelayan.

“Saya kira (masyarakat) harus mulai berubah. Jangan sampai konsumtif menggunakan BBM, untuk membeli mobil. Untuk mobil-mobil kita harus mulai mengubah (pola pikir) dari sebuah konsumsi menjadi produksi,” tuturnya.

Menaikkan harga BBM menjadi agenda pemerintahan baru. Sebelumnya, dalam beberapa kesempatan, wakil presiden terpilih Jusuf Kalla juga menyampaikan bahwa kebijakan ini dinilai menjadi satu-satunya solusi bagi negara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda