Scroll to Top

Bersepeda atau Jalan Kaki Saat Berangkat Kerja Bisa Hindari Stres

By Ika / Published on Tuesday, 01 Nov 2011

Seseorang kadang lebih memilih menggunakan mobil pribadi atau angkutan umum saat berangkat kerja dengan alasan kenyamanan atau agar bisa lebih cepat sampai ke tempat tujuan. Namun tampaknya keputusan ini punya sisi negatif yang patut diwaspadai, karena sebuah penelitian di Swedia menunjukkan bahwa pekerja yang memakai mobil atau angkutan umum beresiko mengalami stres yang cukup tinggi.

transportasi umum

Penelitian ini dilakukan dengan mengamati dan melakukan survey terhadap 12.000 karyawan berusia antara 18 sampai 65 tahun. Dari studi ini diketahui bahwa mereka yang berangkat kerja dengan mobil, bis, atau kereta api, kemungkinan besar dapat mengalami stres dan kelelahan yang lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang berangkat menggunakan sepeda atau cuma berjalan kaki.

“Pengguna mobil dan transportasi umum, setiap harinya akan mengalami stres yang lebih tinggi, kualitas tidur yang buruk, kelelahan, dan mereka akan lebih berusaha keras untuk mempertahankan kesehatan mereka dibandingkan dengan mereka yang aktif bepergian tanpa mobil,” kata seorang peneliti bernama Erik Hansson sebagaimana dikutip Sidomi News dari Daily Mail.

Namun penelitian ini belum mengungkapkan secara jelas tentang alasan mengapa pekerja yang memakai mobil atau angkutan umum bisa lebih stres dan lelah dibandingkan dengan para pesepeda atau mereka yang berjalan kaki, karena itu para ilmuwan perlu melakukan penelitian lebih lanjut. Apalagi ada faktor-faktor lain yang berhubungan dengan rasa stres dari para pekerja tersebut yang harus tetap dipertimbangkan, misalnya latar belakang keluarga, lingkungan, atau faktor-faktor yang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda