Scroll to Top

Yuk Lihat Migrasi Ternak di Madrid

By Ilham Choirul / Published on Tuesday, 01 Nov 2011

migrasi ternak di madrid

Ada pemandangan berbeda menjelang musim dingin. Para peternak di Madrid, Spanyol, beramai-ramai membawa ternaknya ke daerah yang lebih “bersahabat” untuk piaraannya itu. Mereka dibawa dari lokasi peternakan musim panas ke lokasi musim dingin dan berjalan melewati kota. Tentu saja, ini menjadi tontonan yang menarik.

Sebenarnya Madrid bukan destinasi peternak yang terakhir. Kota ini hanya sebagai jalur yang dilewati peternak yang tersebar di berbagai daerah. Karena menjadi kota lalu lintasnya, maka jalanan bakal ramai dilewati ternak.

Biasanya peternak berasal dari pegunungan di utara, menuju pertenakan di selatan — di daerah Castile — yang punya suhu lebih hangat di bulan November ini. Mereka ada yang berasal dari Colmenar Viejo dengan jarak 20 kilometer di utara Madrid. Bahkan, ada pula yang dari peternakan berjarak ratusan kilometer dari Madrid. Mereka bersama-sama menggiring ternaknya melintasi jalur migrasi yang kini hanya tersisa 120 ribu kilometer. Tapi, tidak semua jalur akan dilewati.

Tahukah Anda? Kebiasaan bermigrasi ini sudah ada sejak dua abad lalu, tepatnya tahun 1418. Seperti dirilis BBC, Raja Alfonso yang memerintah kala itu, mengizinkan peternak melawati kerajaan selama tidak merusak tanaman anggur dan tanaman lain. Mereka juga harus membayar pajak saat melewati kerajaan. Akhirnya, setiap pergantian musim panas dan dingin, ada 3-5 juta ternak yang bermigrasi melewati kerajaan. Budaya ini tetap bertahan sampai sekarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda