Scroll to Top

Foto Bugil Jennifer Lawrence, Kate Upton, Ariana Grande & Victoria Justice Hebohkan FB

By Ibnu Azis / Published on Tuesday, 02 Sep 2014

Bisa jadi, kasus yang menimpa Jennifer Lawrence, Kate Upton, Ariana Grande, Victoria Justice, dan sederet selebritas Hollywood lainnya akan jadi skandal terbesar dalam sejarah cyber crime. Ada lebih dari 100 foto bugil mereka bocor yang dicuri oleh peretas dari iCloud. Lewat situs 4chan dan Reddit, foto-foto tersebut disebarluaskan. Jagat mayapun heboh, tak terkecuali FB.

Kejadian tersebut berlangsung pada Minggu 31 Agustus lalu atau Senin waktu Indonesia. Lantas bagaimana foto-foto itu bisa bocor atau diakses peretas?

Muncul dugaan bila hacker memanfaatkan kelemahan di celah Find My Phone untuk mengakses iCloud. Peretas gunakan tool bernama iBrute untuk menebak-nebak kata sandi pengguna.

Celakanya, Apple tidak membatasi jumlah kesalahan input kata sandi. Ini berbeda dengan password ATM misalnya. Salah tiga kali, kartu diblokir. Kasus mencuat, Apple ID akan diblokir bila keliru masukkan kata sandi lima kali.

Satu pengguna Reddit berhasil mengidentifikasi pembocor yakni Bryan Hamade, pria 27 tahun asal Georgia. Dalam satu wawancara dengan BuzzFeed ia membantah tudingan itu. Menurutnya, hanya orang bodoh yang lakukan itu lalu meninggalkan jejak apalagi identitas diri.

Untuk kasus Jennifer Lawrence, satu pengguna 4chan berbagi tautan yang menggiring ke situs Reddit (subrreddit Fappening). Selang beberapa jam, puluhan ribu pengakses lakukan pencarian via 4Chan, Reddit, dan Imgur sebagai hosting foto curian itu.

Meski tautan 4chan telah dihapus, namun gambar tangkap layar masih tersimpan. Dalam screenshot tersemat list nama-nama pesohor Hollywood yang diduga kuat fotonya telah dibobol peretas.

Kristen Dunst lewat Twitter menyindir layanan iCloud dengan ucapan ‘terima kasih’. Sedianya tidak semua foto yang dicuri adalah foto bugil. Jennifer Lawrence misalnya, meski ada satu dua foto bugil, namun ada pula sejumlah foto lain misalkan saja memakai bikini dan pose Selfie.

Pada tahun 2012, seorang pria dihukum 10 tahun penjara setelah membobol akun pribadi Scarlett Johansson dan Mila Kunis. Bisa dibayangkan ada lebih 100 foto dibobol dari sejumlah pesohor. Hukuman yang menunggu si pembocor pasti akan sangat setimpal.

Pengacara Jennifer Lawrence mengatakan akan menuntut siapa pun dibalik posting foto-foto curian kliennya. Demikian pula kuasa hukum Kate Upton. Hanya juru bicara Ariana Grande yang membantah keaslian foto-foto tersebut.

“Foto-foto yang benar-benar palsu,” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda