Scroll to Top

23 Nominator Ballon d’Or 2011 Diumumkan FIFA

By Fitra Firdaus / Published on Tuesday, 01 Nov 2011

Resmi sudah pengumuman FIFA tentang 32 pesepakbola pria yang akan bersaing untuk mendapatkan Ballon d’Or. Liga Spanyol boleh berbangga.

Ballon d'Or

Dua klub terkuat di liga tersebut, Barcelona dan Real Madrid, menyumbangkan lebih dari 50% nominasi. Barcelona lebih unggul dengan 8 pemain, sementara Real Madrid menguntit dengan menyodorkan lima nama.

23 finalis ini adalah hasil pemerasan 50 nama sebelumnya. Jumlah ini juga akan direduksi hingga menyisakan tiga besar yang akan diumumkan pada 5 Desember mendatang.

Barcelona Paling Banyak

Barcelona menyumbangkan pemain dari semua lini. Dari garis pertahanan, ada Gerard Pique, Daniel Alves, dan Eric Abidal. Khusus Abidal, kita bisa melihat perjuangannya melawan tumor hati sepanjang akhir musim lalu. Bahkan, ia mendapat kehormatan untuk menjunjung trofi Liga Champions untuk pertama kalinya, mendahului sang kapten, Carles Puyol.

Di posisi gelandang, nama-nama ternama mencuat. Ada Xavi Hernandez dan Andres Iniesta, dua penyuplai bola ajaib yang membuat tuah Lionel Messi menjadi-jadi. Selain itu, ada gelandang anyar El Barca, Cesc Fabregas yang musim lalu bermain untuk Arsenal. Begitu lepas dari beban ban kapten, Fabregas tampil luar biasa musim ini di liga domestik.

Di barisan depan, tidak ada yang salah ketika Lionel Messi dan David Villa dibubuhkan. Meskipun musim lalu jumlah golnya melorot, Villa sudah kembali menemukan ketajamannya musim ini. Kemudian, tidak ada yang lebih menarik daripada Lionel Messi. Ia memiliki segalanya dan peluang merebut Ballon d’Or ketiga kalinya berturut-turut, ada di genggaman tangan.

Tuah Gol Cristiano Ronaldo

Real Madrid tidak mau “kalah” dari sang rival abadi. Seperti biasa, tidak ada yang menyangsikan kemampuan kapten tim Iker Casillas, sebagai benteng pertahanan terakhir El Real. Wajar jika ia masuk dalam nominasi.

Selain Casillas, deretan barisan penyerang Real Madrid juga dicantumkan. Cristiano Ronaldo, Karim Benzema, dan Mesut Oezil. Ketiganya menjadi aktor penting untuk membuat Los Blancos menjadi tim dengan barisan penyerang paling berbahaya. Musim lalu, Real Madrid mampu mencetak 102 gol hanya dalam 38 pertandingan. Musim ini, jumlah 32 gol dari 10 laga menunjukkan tanda-tanda kestabilan gaya menyerang mereka.

Satu nama lain adalah Xabi Alonso. Gelandang bertahan ini terlalu layak untuk sekadar masuk dalam 23 daftar akhir nominasi Ballon d’Or.

Dominasi Barcelona-Real Madrid

Ironisnya, untuk Liga Spanyol, tidak ada nama lain selain para pemain dari kedua klub raksasa mereka. Ada komentar bernada miring yang menyebutkan, La Liga kini memang hanya menyisakan 2 calon juara dan 18 tim pelengkap.
Yang menarik pula, Spanyol menjadi negara paling banyak memasok pemain. Ada tujuh pemain La Furia Roja yang ada dalam nominasi. Juara Euro 2008 dan Piala Dunia 2010 ini hanya bisa diikuti oleh Jerman yang menyumbang 3 nominasi.

Daftar lengkap 23 pemain terpilih untuk Ballon d’Or adalah sebagai berikut.

  1. Eric Abidal (Prancis, FC Barcelona)
  2. Sergio Aguero (Argentina, Manchester City)
  3.  Karim Benzema (Perancis, Real Madrid),
  4.  Iker Casillas (Spanyol, Real Madrid)
  5.  Cristiano Ronaldo (Portugal, Real Madrid)
  6.  Daniel Alves (Brasil, FC Barcelona)
  7.  Samuel Eto’o (Kamerun, Anzhi Makhachkala)
  8.  Cesc Fabregas (Spanyol, FC Barcelona)
  9.  Diego Forlan (Uruguay, Inter Milan)
  10.  Andres Iniesta (Spanyol, FC Barcelona)
  11.  Lionel Messi (Argentina, Barcelona)
  12.  Thomas Müller (Jerman, Bayern Munich)
  13.  Nani (Portugal, Manchester United)
  14.  Neymar (Brasil, Santos)
  15.  Mesut Ozil (Jerman, Real Madrid)
  16.  Gerard Pique (Spanyol, FC Barcelona)
  17.  Wayne Rooney (Inggris, Manchester United)
  18.  Bastian Schweinsteiger (Jerman, Bayern Munich)
  19.  Wesley Sneijder (Belanda, Inter Milan)
  20.  Luis Suárez (Uruguay, Liverpool)
  21.  David Villa (Spanyol, FC Barcelona)
  22.  Xabi Alonso (Spanyol, Real Madrid)
  23.  Xavi Hernandez (Spanyol, FC Barcelona)

Lalu, ke kubu manakah Ballon d’Or jatuh tahun ini? Apakah nominasi akhirnya akan mencuatkan tiga nama pemain Barcelona seperti tahun 2010?

Ataukah Cristiano Ronaldo yang tidak bisa berhenti mencetak gol yang akan menyabet gelar? Jawabannya ada di bulan Desember.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda