Scroll to Top

PSSI: Liga Super Indonesia Dianggap Ilegal oleh AFC

By Fitra Firdaus / Published on Tuesday, 01 Nov 2011

Perang klaim antara PSSI dengan klub-klub penentang IPL semakin meluas. Bahkan, pada akhirnya, konflik ini akan mendekati keadaan yang sama dengan situasi saat PSSI dikuasai oleh Nurdin Halid. Masing-masing merasa benar dan mengambinghitamkan pihak lain sebagai penghancur sepakbola Indonesia.

PSSI

Hal ini bisa dilihat dari klaim Edi Elison, juru bicara PSSI. Menurutnya, AFC tidak menyetujui rencana penggelaran ISL musim depan. FC tidak bisa menerima kompetisi yang diadakan oleh kelompok 14 dan menyatakan kompetisi tersebut (ISL) sebagai liga liar.

Edi Elison juga menambahkan, pernyataan tersebut tidak asal keluar dari mulutnya. Ia dan ketua umum PSSI, Djohar Arifin, plus dua petinggi PSSI lainnya sudah bertemu dengan Sekjen AFC, Alex Soosay, untuk membahas hal ini. Petemuan dengan Alex Soosay terjadi pada Senin lalu.

Edi juga menjelaskan, AFC melandaskan pendapat ini dari pelanggaran yang dilakukan klub-klub ISL. AFC menyatakan bahwa penyelengaraan pertandingan yang bertentangan dengan statuta PSSI dan FIFA adalah ilegal. Edi juga menyatakan ancaman AFC bahwa para penentang IPL akan mendapatkan sanksi yang bisa menyebabkan keanggotaan klub-klub itu dicabut dari PSSI.

Uniknya, klub-klub pembentuk ISL juga menyandarkan diri pada statuta PSSI. Badan Sepakbola tertinggi Indonesia itu dianggap melanggar statuta karena memasukkan beberapa klub seenaknya sendiri. ISL dan IPL pun asal dilebur seolah demi memenuhi kepentingan pihak tertentu. Dalam hal ini, Djohar Arifin dituduh sebagai agen Arifin Panigoro.

Di sisi lain, klub penentang IPL juga memiliki kecenderungan untuk berpihak pada kuasa pemodal lain. Siapa lagi kalau bukan keluarga Bakrie yang dahulu memegang kunci PSSI saat Nurdin Halid berkuasa. Lalu, siapa yang lebih kuat? Semoga kita tidak perlu menunggu sanksi AFC dan FIFA untuk melihat akhir konflik ini.

One thought on “PSSI: Liga Super Indonesia Dianggap Ilegal oleh AFC”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda