Scroll to Top

Hanya Perlu 119 Detik Bagi Orang Lain untuk Menilai Anda

By Ilham Choirul / Published on Tuesday, 01 Nov 2011

kesan pertama

Kesan pertama itu penting untuk menunjukkan siapa diri Anda  ketika harus berhadapan dengan orang yang pertama kali Anda kenal. Bahkan, gebetan Anda pun pastinya memerhatikan sisi terluar Anda dahulu sebelum menilai lebih jauh  pribadi Anda. Untuk urusan apa pun, kesan pertama yang Anda tunjukkan dapat memengaruhi persepsi orang tentang Anda.

Tahukah Anda? Orang lain menilai kesan pertama itu tidak lama. Cukup berinteraksi dua menit saja, maka seseorang akan memberikan “vonis” sementara tentang Anda. Bisa jadi, karena Anda bercelana jeans bolong lutut dan berpakaian lusuh, maka Anda dianggap anak slengekan. Atau, ketika Anda menampilkan kesan rapi, maka orang menilai Anda tipe yang menyukai keteraturan.

Pada survey yang dilakukan di Inggris, 8 dari 10 orang menilai pribadi seseorang dengan menangkap kesan pertama selama 119 detik.  Dan, 1 dari 10 orang tersebut menyatakan tidak mengubah penilaiannya setelah itu.

Kesan pertama yang dianggap sebagai tanda yang baik adalah senyuman. Dengan didukung kerapian rambut, penampilan, dan badan yang wangi, semakin memberikan nilai tambah pada kesan pertama. Jangan lupa, usahakan pula mulut tidak bau apalagi jika harus bertatap muka untuk keperluan wawancara, bertemu orang penting, dan sebagainya.

Survey ini dilakukan oleh Experian Credit Expert.  “Kesan pertama ternyata sangatlah memengaruhi penilaian seseorang terhadap diri kita,” kata Peter Turner, Chief Experian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda