Scroll to Top

Meditasi Bantu Tingkatkan Kesehatan Tubuh dan Mental

By Ika / Published on Wednesday, 02 Nov 2011

Ingin jauh dari stres sekaligus memiliki kesehatan yang lebih baik? Coba saja lakukan meditasi atau yoga. Menurut para ilmuwan dari Universitas Harvard dan Universitas Justuc Liebig , meditasi punya segudang manfaat bagi tubuh kita, baik secara fisik maupun mental.

manfaat meditasi

Sebagaimana dikutip Sidomi News dari Daily Mail, para ahli mengungkapkan bahwa meditasi yang juga merupakan bagian penting dalam agama Budha ini dapat digunakan untuk pengobatan yang cukup efektif. Meditasi ini bisa meningkatkan kekebalan atau daya tahan tubuh sekaligus meningkatkan kesehatan mental kita. Tak hanya itu, meditasi diklaim dapat pula menurunkan tekanan darah tinggi dan meningkatkan kemampuan kognitif seseorang.

Temuan ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut, apalagi tak sedikit yang skeptis dan berpendapat bahwa meditasi dan yoga hanya berguna untuk peregangan tubuh saja tanpa ada manfaat kesehatan yang lain. Hal ini didukung oleh sebuah penelitian dari Group Health Research Institute yang mengungkapkan bahwa yoga tidak memiliki manfaat untuk kesehatan mental.

Walau banyak yang skeptis, seorang peneliti bernama Dr.Britta Hazel yakin akan adanya manfaat besar dari meditasi dan yoga ini. Ia menjelaskan bahwa meditasi punya empat kunci penting yang berpengaruh pada kesehatan kita secara keseluruhan. Empat kunci itu adalah pengaturan perhatian, kewaspadaan/kesadaran tubuh, pengaturan emosi, dan kesadaran diri sendiri. Empat kunci penting inilah yang diduga sebagai ‘obat’ untuk meningkatkan kesehatan tubuh manusia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda