Scroll to Top

APOEL: Kuda Hitam Eropa dari Negeri Mini Siprus

By Fitra Firdaus / Published on Wednesday, 02 Nov 2011

APOEL. Nama ini tengah mengangkasa di Eropa. Ketika negara asal klub ini, Siprus, cuma menjadi juru kunci di kualifikasi Euro 2012, APOEL justru tampil luar biasa. Mereka menguasai Grup G dan menaklukkan klub-klub mapan Eropa. Korban terakhir adalah Porto. Juara Europa League musim lalu ini dikandaskan dengan skor 2-1.

APOEL 2-1 Porto

Perjuangan APOEL untuk meraih kemenangan kedua dalam sejarah mereka berpentas di Liga Champions, begitu berat. Anak asuh Ivan Jovanovic mesti menunggu hingga detik-detik akhir pertandingan demi merebut 3 angka.

Bermain dengan ditonton lebih dari 22000 pasang mata, APOEL membutuhkan keberuntungan di menit 42. Ailton dijatuhkan di kotak terlarang oleh Eliaquim Mangala. Pemain Porto mendapatkan kartu kuing dan Ailton diberi hadiah penalti. Diceploskannya gol ketujuh di ajang Liga Champions, termasuk saat melewati babak kualifikasi.

Pertandingan seakan hanya menjadi kebalikan laga dua minggu sebelumnya. Kala itu Porto unggul lebih dahulu melalui Hulk, penyerang yang diincar banyak klub elite Eropa. Kemudian, Ailton membalas untuk memaksakan 1 angka di Dragao, kandang Porto.

Kali ini keadaannya berbalik. APOEL unggul dahulu melalui Ailton. Lalu, Hulk datang menyelamatkan Porto sesaat. James Rodriguez dijatuhkan di kotak penalti oleh Nuno Morais. Wasit menunjuk titik putih di menit 89. Penalti Hulk yang mulus membuat degup jantung para pendukung di GSP Stadium berhenti. APOEL seolah hanya akan memetik satu angka.

Namun, tak butuh waktu lama, umpan Constantinos Charalambides diteruskan oleh Gustavo Manduca di menit 90. Sukses. Helton memungut bola dari gawangnya untuk kedua kali, dan APOEL menjejakkan satu kaki ke babak 16 besar.

Seandainya mereka menang melawan Zenit St. Petersburg pada 23 November mendatang, mungkin Siprus akan mengadakan perayaan yang lebih besar dari hari kemerdekaan mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda