Scroll to Top

Sebuah Organisasi Sipil Berhasil Luncurkan Pesawat Ruang Angkasa Independent

By Andhika / Published on Friday, 10 Jun 2011

Tycho Brahe space ship

Siapa bilang jika roket dan pesawat ruang angkasa hanya proyek milik NASA atau badan pemerintah lainnya? ,Baru-baru ini sekelompok masyarakat sipil telah berhasil meluncurkan sebuah pesawat ruang angkasa “open source”. Pesawat tersebut berupa sebuah roket dengan tabung berisi 1 awak. Dalam peluncuran ini, awak pesawatnya adalah sebuah boneka uji. Pesawat tersebut berhasil terbang dengan ketinggian 2,8 Km. Dalam jangka pendek, target mereka adalah mengembangkan roket pesawat tersebut hingga mencapai ketinggian 160 Km, dimana jarak International Space Station berada dua kalinya, yaitu 320 Km diatas Bumi.

Pesawat tersebut yang diberi nama Tycho Brahe (namanya diambil dari nama Astronom Denmark, Tycho Brahe yang hidup pada 1546-1601) diterbangkan oleh Copenhagen Suborbitals, sebuah organisasi sipil yang digerakkan oleh sekolompok pemerhati ruang angkasa asal Denmark.

Dalam rilisnya, Kritian Von Bengston, pengembang roket Tycho Brahe mengatakan, “Bagi kami sukses telah meluncurkan roket ke angkasa dan saya rasa kami sudah mencatat sedikit sejarah”, seperti dikutip dari 40tech.

Pesawat tersebut dibuat dengan dana US $70,000 yang didapat dari hasil sumbangan sponsor dan juga kantong pibadi dari para relawan. Untuk selanjutnya, Copenhagen Suborbitals berharap telah dapat meluncurkan sebuah pesawat berawak pada tahun 2013.

Tycho Brahe space ship

 

Tycho Brahe space ship
[youtube GmGmymAWI4E]

Komentar Anda