Scroll to Top

Minum Wine Bisa Tingkatkan Resiko Kanker Payudara

By Ika / Published on Wednesday, 02 Nov 2011

Bila Anda adalah seorang wanita yang gemar mengkonsumsi alkohol, khususnya wine atau anggur, maka Anda patut waspada. Menurut para ilmuwan, seorang wanita yang meminum anggur memiliki resiko yang lebih tinggi terhadap kanker payudara bila dibandingkan dengan mereka yang tidak minum anggur sama sekali.

Minuman Anggur

Studi yang dilakukan oleh para peneliti di Universitas Harvard dan Brigham And Women’s Hospital di Boston ini melibatkan 105.986 wanita berusia 30-55 tahun. Peneliti melakukan survey terhadap mereka tentang kebiasaan minumnya, termasuk berapa banyak dan seberapa sering mereka mengkonsumsi minuman beralkohol. Dalam jangka waktu penelitian 30 tahun, peneliti mengamati wanita mana saja yang terserang kanker payudara.

Mereka yang minum anggur sebanyak 2 gelas per hari, atau meminum 3-4 gelas anggur per minggunya, sama-sama memiliki resiko besar terhadap kanker payudara. Tak hanya itu, para peneliti memperingatkan bahwa wanita yang pernah rutin meminum anggur di usia 20-30 tahunan, mereka sangat beresiko terserang penyakit di kemudian hari walaupun mereka sudah meninggalkan kebiasaan minum tersebut.

Sebagaimana dikutip Sidomi News dari Daily Mail, peneliti mengatakan bahwa meminum 7 unit wine seminggu dapat meningkatkan resiko kanker payudara sebesar 15%. Sedangkan wanita yang minum anggur hampir 4 unit (sama dengan 2 gelas) setiap harinya, resiko kanker payudara meningkat hingga 50%. Sementara mereka yang rutin minum setidaknya 2 atau setengah unit anggur setiap harinya, resiko kanker payudara meningkat hingga 28%.

Para ilmuwan meyakini bahwa alkohol yang masuk ke dalam tubuh dapat meningkatkan kadar hormon estrogen. Hal ini diduga memicu adanya pertumbuhan tumor.

“Hubungan antara alkohol dan kanker payudara sangat kompleks,” kata seorang profesor spesialis kanker bernama Karol Sikora. “Sejumlah kecil alkohol dapat mengubah pola hormon. Tapi tidak semua wanita dapat terpengaruh. Namun studi ini menunjukkan bahwa beberapa gelas anggur dalam seminggu dapat meningkatkan resiko kanker payudara.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda