Scroll to Top

Ilmuwan Temukan Cara Membuat Albumin dari Beras

By Ilham Choirul / Published on Wednesday, 02 Nov 2011

biji beras

Protein albumin yang bermanfaat untuk mengobati berbagai penyakit, kini bisa dibuat dengan mengekstraksi biji beras. Albumin berperan mengobati luka bakar, penyakit liver, trauma, sampai untuk produksi vaksin dan obat. Dan, kebutuhan seluruh dunia terhadap human serum albumin (HSA) mencapai 500 ton.

Penemu serum buatan ini ilmuwan China dari Wuhan University di Cina. Timnya dibantu oleh  National Research Council of Canada dan Center for Functional Genomic di University at Albany, New York, AS. Albumin buatan tersebut mempunyai fisik dan kimia protein yang sangat mirip dengan HSA alami.

Dalam temuan ini, gen biji beras direkayasa agar memroduksi HSA. Setelah itu, kadar protein dimurnikan dan dikumpulkan kurang lebih 2,75 gram per kilogram beras.

Saat dibandingkan keefektivannya dalam mengobati tikus yang kena sirosis hati, antara HSA dan albumin buatan sama-sama menghasilkan rekombinasi HSA yang aman dan cost-effective. Namun, peneliti akan terus melakukan uji coba sampai terbukti benar-benar aman diaplikasikan secara massal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda