Scroll to Top

Cloud Shredder, Solusi Pengaman Data Di Cloud Storage

By Ivan Azzam / Published on Wednesday, 02 Nov 2011

Semua tahu kalau data penting yang ada di laptop atau PC atau mana saja dicuri pastinya membuat kelimpungan. Yang bahayanya adalah data tersebut bisa saja disalahgunakan orang lain. Tentu ada cara untuk melindungi data seperti dengan enkripsi atau menghapus secara remote, tapi ini tidak sempurna.

Data in cloudDan hal semacam diatas juga bisa terjadi di penyimpanan data berbasis cloud. Data di cloud mungkin memang terproteksi enkripsi tapi satu kesalahan kecil bisa berbahaya, lihat contoh yang terjadi pada PlayStation Network.

Pencurian data semacam ini membuat para peneliti mencari cara baru untuk mengamankan data dari siapapun, termasuk penyedia layanan cloud tersebut. Solusi ini disebut Cloud Shredder.

Cloud Shredder adalah buatan Nan Zhang, Jiwu Jing, dan Peng Liu dari Chinese Academy of Sciences. Cara kerjanya adalah, membagi data menjadi dua bagian, dimana bagian pertama ditaruh di perangkat anda, dan bagian keduanya ditaruh di remote server, semacam Dropbox.

Dari sisi pengguna, selama link ke server bekerja/aktif, file bisa diakses, dibuat, atau dihapus seperti biasa. Namun jika link rusak, setengah file tentu tidak bisa diakses, dan tidak terbaca lagi.

Cloud Shredder belum hadir sebagai layanan sungguhan, tapi pembuatnya sudah menguji pada file PDF dan dokumen OpenOffice, tentunya jenis file yang bisa digunakan akan terus bertambah nantinya seiring waktu.

Bagaimana? Tertarik menggunakan layanan ini saat sudah diluncurkan resmi? (via Geek)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda