Scroll to Top

Wajar Bila Wanita “Tersihir” Saat Belanja

By Ilham Choirul / Published on Thursday, 03 Nov 2011

wanita belanja

Pantas saja wanita suka belanja. Aktivitas yang bagi sebagian pria menjemukan ini, ternyata punya pengaruh untuk mengembalikan mood menjadi baik. Menurut penelitian Universitas Westminster, London, ada area di otak yang terstimulasi oleh kegiatan belanja. Hebatnya, area ini juga bekerja saat seseorang melakukan hubungan seksual.

Dengan demikian, wajar bila perasaan wanita terpuaskan saat memilih barang, apalagi mampu memiliki barang incarannya. Hanya saja, sering kali wanita lupa diri ketika pikirannya tersibukkan dengan belanja. Seperti halnya seks, ketika sudah orgasme, maka hasrat akan berhenti sementara tanpa meninggalkan efek jangka panjang selama dilakukan dengan aman.

Bedanya, belanja itu juga memuaskan keinginan tapi cenderung kerap menimbulkan penyesalan. Penyesalan muncul karena wanita tanpa pikir panjang membeli banyak barang yang mungkin kurang diperlukan. Akibatnya, tagihan kartu kredit membengkak atau uang bulanan tidak cukup untuk hidup selama satu bulan penuh.

“Kegiatan berbelanja seharusnya dilakukan secara sadar. Tanyakan pada diri secara jujur apakah kita memiliki waktu, energi, uang, dan pengalihan emosi,” tutur April Lane Benson, penulis buku To Buy or Not to Buy: Why We Overshop and How to Stop.

Meski begitu, belanja juga bisa dipakai sebagai terapi mengembalikan mood. Terapi ini disebut retail therapy. Menurut Benson, seseorang akan berinteraksi dan mengeksplorasi ketertarikan sewaktu belanja. Dan, dia menganggap, seseorang bisa menghargai dirinya dengan memiliki barang yang dibutuhkan dan disukai.

Jadi, belanjalah menurut kemampuan Anda. Kalau tidak punya anggaran, cukup Anda berjalan-jalan melihat barang yang Anda sukai dan itu bisa meredam mood buruk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda