Scroll to Top

Josep Guardiola: 500 Gol dalam 200 Laga Melatih Barcelona

By Fitra Firdaus / Published on Friday, 04 Nov 2011

Josep Guardiola

Pertandingan menghadapi Viktoria Plzen menjadi catatan tersendiri untuk Barcelona. Sang penyerang utama, Lionel Messi, mencetak gol ke-200 pada pertandingan tersebut. Pelatih Josep Guardiola pun mencipta rekor. Laga yang diakhiri dengan kemenangan 0-4 itu adalah pertandingan ke200 untuk Pep sepanjang 3 tahun lebih.

Mengarsiteki mantan klubnya sendiri, Pep bahkan tercatat langsung sukses di musim pertama. Ia merebut 6 gelar dalam 6 kompetisi yang digelar sepanjang tahun 2009. Mulai dari La Liga, Copa del Rey, Liga Champions, Piala Super Spanyol, Piala Super Eropa, plus Piala Dunia Antarklub.

Meskipun prestasinya tereduksi dalam 2 musim terakhir, Pep tetap menunjukkan konsistensi tinggi. Tim yang dibawanya tercatat sudah mengoleksi 144 kemenangan. Artinya, jika dibuat persentase, Pep mencatat 72% kemenangan. Rekor ini jauh lebih baik daripada semua pelatih Barcelona.

Bahkan Frank Rijkaard yang dianggap sebagai pencipta kerangka tim yang dipakai Pep saat ini, hanya mencatat 58,6%. Johan Cruyff yang memberikan satu-satunya gelar Liga Champions sebelum era Rijkaard dan Guardiola, mencipta 58,1% kemenangan dalam 430 laga.

Rekor Pep berlanjut dalam hal jumlah gol. 500 gol dibuat anak asuhnya selama 200 laga. Reratanya 2,5 gol/pertandingan. Dalam hal ini, skema False Nine yang diterapkan Pep cukup ampuh. Lionel Messi mencuat dalam daftar pencetak gol dengan 160 dari 500 gol tersebut. Artinya, 32% gol Barcelona bersarang dari kakinya.

Jago di depan, ahli pula urusan lini belakang. Barcelona era Pep memang memiliki kualitas lebih baik daripada era, misalnya Louis Van Gaal. Pada masa itu, meskipun para penyerang seperti Pattrick Kluivert rajin membobol gawang lawan, bek Barcelona seolah membiarkan para penyerang lawan ikut-ikutan rajin merusak jala mereka.

Kini, di tangan Pep, gawang Victor Valdes dan Manuel Pinto cuma terbobol 143 gol. Reratanya, 0,71 gol/laga. Di bawah asuhan Pep pula Victor Valdes mendapatkan trofi Zamora dalam 3 musim terakhir.

Yang paling utama, Barcelona memenangkan 12 trofi dari 15 kompetisi yang mereka jalani dalam 3 musim terakhir. Barcelona cuma kehilangan Copa del Rey dua kali, plus Liga Champions pada musim 2010/2011. Selebihnya, pasukan Pep membawa sang pelatih menjadi salah satu pelatih tersukses di dunia. Wajar jika Hector Cuper, pelatih Racing Santander, menyebut Barcelona era Guardiola adalah yang terbaik dalam 35 tahun kariernya sebagai pelatih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda