Scroll to Top

Obesitas Tingkatkan Resiko Kanker Usus Besar

By Ika / Published on Friday, 04 Nov 2011

Telah lama diketahui bahwa obesitas bisa menjadi penyebab beberapa penyakit, mulai dari diabetes sampai tekanan darah tinggi. Kali ini ilmuwan mencoba mengakitkan hubungan antara obesitas dengan penyakit kanker, khususnya kanker kolon.

obesitas

Menurut para ahli di Eropa, seseorang yang mengalami kegemukan atau obesitas, bisa memiliki resiko tinggi terhadap penyakit kanker kolon atau usus besar.

Studi ini melibatkan lebih dari 120.000 orang berusia tengah baya dengan berat badan yang berbeda-beda. Penelitian itu sendiri dilakukan selama kurang lebih 16 tahun. Selama penelitian tersebut, sebanyak 2% partisipan diketahui menderita kanker kolon.

Dari studi ilmiah ini juga diketahui bahwa mereka yang mengalami obesitas, memiliki resiko 25% lebih tinggi terhadap kanker usus besar bila dibandingkan dengan mereka yang memiliki berat badan normal.

“Studi ini memberikan bukti kuat bahwa kelebihan lemak tubuh dapat meningkatkan resiko kanker kolorektal,” kata seorang peneliti bernama Laura Hughes seperti dikutip Sidomi News dari Reuters.

Untuk menghindari hal ini, para ahli menyarankan untuk menerapkan gaya hidup sehat. Mereka merekomendasikan untuk sering-sering beraktivitas atau berolahraga. Salah satu aktivitas sederhana yang bisa menurunkan resiko kanker adalah berjalan cepat selama 30 menit setiap harinya. Hal ini juga dipercaya bisa membakar lemak dalam tubuh yang menjadi penyebab utama obesitas.

Faktor lain yang berhubungan dengan resiko kanker kolorektal adalah faktor usia, punya riwayat penyakit Crohn dan kolitis (inflamasi atau peradangan usus), keluarga memiliki riwayat penyakit kanker, maupun kebiasaan-kebiasaan buruk seperti merokok. Semua faktor-faktor ini bisa memberikan resiko lebih tinggi terhadap kanker usus besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda