Scroll to Top

Menengok Dieng Masa Lalu di Museum Kailasa

By Ilham Choirul / Published on Friday, 04 Nov 2011

museum kailasa

Sejarah Indonesia dipenuhi dengan tumbuh suburnya kerajaan besar dan kecil di berbagai daerah. Eksistensi kerajaan ini bahkan ada yang bertahan sampai sekarang. Tidak sedikit pula yang kini tinggal menyisakan nama besar. Dan, untuk mengganyang kerajaan yang ada ini, Belanda sering menggunakan politik devide et impera (politik adu domba) agar terjadi perselisihan antar-kerajaan.

Kerajaan ini pun budayanya turut dipengaruhi oleh kultur keagamaan dan keyakinan. Maka, sering terdengar dalam pelajaran sejarah adanya pembagian kerajaan Hindu, kerajaan Islam, atau kerajaan Budha. Bukan bermaksud rasialis, penyebutan ini berdasarkan agama yang dominan dianut sang raja dan rakyatnya.

Kalau Anda ingin menyaksikan peninggalan dari kerajaan Jawa Kuno dan Hindu, Anda bisa datang ke Museum Kailasa yang terletak di Dieng, Kabupaten Banjarnegara. Di sana terdapat beragam benda yang menunjukkan majunya peradaban kerajaan Hindu. Misalnya arca, stupa, patung kecil, dan berbagai benda yang dipakai untuk ritual agama Hindu oleh masyarakat lokal zaman dulu. Benda arkeologi ini diperkirakan sudah ada sejak abad 7 dan 8.

Di samping itu, Anda juga akan menjumpai berbagai informasi yang menceritakan kehidupan di sekitar Dieng. Mulai dari sejarah terbentuknya dataran tinggi Dieng, kehidupan masyarakat Dieng, candi-candi, cerita di balik benda peninggalan, dan sebagainya. Beberapa panel tersedia untuk memberi informasi buat pengunjung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda