Scroll to Top

1 Dari 5 Orang Mau Menerima Akun Asing Sebagai Teman Facebook

By Ivan Azzam / Published on Friday, 04 Nov 2011

Para peneliti dari University of British Columbia Vancouver menyerang Facebook dengan sekumpulan bot akun palsu dimana mereka mengirimkan permintaan pertemanan dalam jumlah banyak dan mendapat respon yang banyak pula serta mengumpulkan 250 GB data pribadi. Peneliti tersebut melakukannya karena jengkel terhadap tindakan perlindungan Facebook dimana jika sebuah akun berusaha menambah teman dengan banyak, sistem keamanan Facebook bernama “Facebook Immune System” (FIS) memblokirnya.

Facebook

102 bot digunakan dan permintaan pertemanan ini dikirim ke 5.053 pengguna secara acak dan 976 diantaranya menerima permintaan ini. Bot ini lalu mengirimkan lagi 3.517 permintaan ke teman-teman pengguna yang sudah dikirimi sebelumnya, dan 2.079 diantaranya menerima permintaan tersebut.

Poin menarik dari penelitian ini adalah jumlah orang yang menerima orang asing sebagai teman. Permintaan tersebut adalah permintaan teman dimana di antara mereka tidak ada hubungan apapun, dan 1 dari 5 orang masih tetap menerimanya. Jika memiliki “mutual friend”, maka akan meningkatkan lagi rasio penerimaan sekitar 60 persen.

Pertanyaan yang masih belum terjawab dari penelitian ini adalah, mengapa orang mau menerima akun orang asing sebagai teman, yang bisa diperkirakan adalah orang lebih tertarik untuk membuat suatu hubungan pertemanan di dunia maya tidak peduli apakah mereka benar-benar mengenal orang tersebut. (via Ars Technica)

Tagged as:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda