Scroll to Top

Ups, Komentar Status Facebook Di Mesin Pencari Google?

By Oktavianus Arthadiputra / Published on Saturday, 05 Nov 2011

facebook-commentsMenulis status dan berkomentar di Facebook merupakan kewajiban bagi para pengguna jejaring sosial. Sehari tak menuliskan status di Facebook, ibarat punya laptop tanpa modem. Serasa ada sesuatu yang kurang.

Melalui status tersebut, kita dapat menuliskan tentang apapun. Rasa jengkel, senang, melow, dan sebagainya, dengan bahasa sederhana hingga bahasa alay. Pokoknya, bebas sebebas-bebasnya. Toh, status itu ditulis di wall akun sendiri. Bukan di wall teman.

Namun, saat ini Anda harus berhati-hati menuliskan status ataupun memberi komentar di facebook. Karena, Google akan mengindeks status Facebook beserta komentarnya, dan tersajikan dalam hasil standar mesin pencari. Tinggal ketik nama dan kapan status di posting di mesin pencari, tekan enter, maka hasil pencarian tentang status dan komentar Facebook Anda akan muncul.

Hal ini dikarenakan, apa yang sudah Anda tuliskan itu tersimpan dalam sistem POST pada web dan dapat dicari oleh Googlebot. Dalam blog di situs resminya pada Selasa (2/11), Google menuliskan bahwa rencana ini sudah memasuki tahap percobaan, dimana menulis ulang permintaan POST akan dihasilkan (diistilahkan dengan GET) di konten web.

Apabila rencana ini benar dilakukan, rahasia status dan komentar di Facebook Anda akan segera terkuak di ranah publik dunia maya. Semua orang akan tahu Anda dimana, dengan siapa, dan sedang berbuat apa.

Rencana pengindeksan baru bukan hanya tentang status dan komentar Facebook, tetapi berlaku untuk hampir semua konten yang sebelumnya hanya dapat diakses melalui permintaan HTTP POST. Tujuan Google adalah untuk memasukkan sesuatu yang ‘tersembunyi’ di balik sistem Facebook dan situs lainnya yang berbasis JavaScript.

Namun, ada cara agar Googlebot berhenti merayapi bentuk situs Anda. Gunakan file robots.txt. Menurut Google, file tersebut akan menghentikan Googlebot ‘menjamah’ POST di URL situs Anda. Jika Anda tidak menggunakan file tersebut, Anda tidak dapat memblokir kerja Googlebot untuk memunculkan POST.

Cara lebih aman lainnya adalah, Anda jangan berhubungan lagi dengan dunia maya. Ini lebih efisien dan juga mengamankan dana di dompet Anda. Namun, tentu saja Anda akan ketinggalan informasi yang semakin berkembang melalui dunia teknologi. Sekarang, tergantung Anda memilih yang mana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda