Scroll to Top

Cristiano Ronaldo Dianugerahi European Golden Shoe 2010-2011

By Fitra Firdaus / Published on Saturday, 05 Nov 2011

Cristiano Ronaldo Real Madrid

Resmi sudah Ronaldo mendapatkan Golden Shoe 2010/2011. Penghargaan yang sekaligus membuktikan ucapan Santillana, legenda Real Madrid, bahwa CR7 adalah finisher terbaik dunia.

40 gol yang ditorehkannya musim lalu mengungguli semua penyerang papan atas dunia yang bergabung di seluruh liga Eropa. Total perolehan poin Ronaldo adalah 80, mengingat ia berada dalam salah satu kompetisi terberat dalam koefisien Eropa.

Lionel Messi, pemain yang sering dibanding-bandingkan dengan dirinya, duduk di peringkat kedua. 31 gol yang dibuat Messi untuk Barcelona di La Liga kemarin, setara dengan 62 poin.

Di bawah mereka berdua, dalam urusan mencetak gol, ada nama Alex, penyerang Brazil yang bergabung di Fenerbahce. Alex mengemas 28 gol sepanjang kompetisi lalu. Namun, sial. Karena berada di kompetisi lebih rendah, nilai gol Alex hanya dikalikan 1,5.

Sebaliknya, dengan jumlah gol yang sama, Antonio di Natale dan Mario Gomez memiliki poin lebih dibandingkan Alex. Penyerang Udinese dan Bayern Muenchen berada di posisi ketiga dan keempat dengan 56 poin.

Masih ada lima penyerang lain yang masuk dalam 10 besar nominator penerima Golden Shoe. Penyerang Napoli, Edinson Cavani, mengemas 26 gol musim lalu. Ia berada di peringkat enam dengan 52 poin.

Di bawah Cavani, ada Mousa Sow. Penyerang Senegal ini membobol gawang lawan 25 kali untuk juara Prancis, Lille. Alhasil, torehan poinnya menjadi 50.

Papiss Cisse, penyerang satu negara dengan Mousa Sow, masuk dalam daftar 10 besar. Pemain yang dilirik klub-klub besar Eropa seiring performanya yang apik untuk Freiburg ini mencetak 22 gol di Bundesliga. Untuk liga yang ketat dan “sepi gol”, kehadiran Papiss Cisse dan Mario Gomez di peringkat atas Golden Shoe, cukup menarik.

Berikutnya, ada pemain baru PSG, Kevin Gamiero. Sebelum bergabung dengan klub kaya baru ini, Gamiero mengoleksi 22 gol untuk Lorient. Jumlah itu didapatkannya dari 36 penampilan. Musim ini, Gamiero tidak membutuhkan adaptasi lebih lama. Dari 10 laga, ia sudah mengoleksi 8 gol untuk tim Paris.

Daftar terakhir dalam 10 besar adalah Samuel Eto’o. Penyerang Kamerun yang baru saja menikmati liga Rusia bersama Anzhi Malakhchala ini membantu Internazionale musim lalu. 21 golnya setidaknya menjadi kado manis bagi Massmo Moratti sebelum Eto’o mengejar prestasi pribadi: pemain bergaji termahal di dunia.

Bagi Cristiano Ronaldo sendiri, gelar Golden Shoe ini adalah gelar kedua dengan dua tim berbeda. Pada 2008, CR7 pernah mendapatkan trofi yang sama ketika masih ditangani Sir Alex Ferguson di Manchester United. Ronaldo menjadi pemain pertama yang mendapatkan trofi ini sejak sistem koefisien liga dipakai.

http://www.youtube.com/watch?v=XOUZkT_2eQk

Dengan performa Real Madrid yang jauh lebih meningkat musim ini, bukan tidak mungkin torehan gol CR7 melesat lagi akhir musim ini. Target lebih dari 50 gol, seperti yang terjadi musim lalu, bisa diulangi atau bahkan lebih baik lagi. Sekaligus, memperketat persaingan dengan Lionel Messi. Pada akhirnya, disetujui atau tidak, duel Real Madrid vs Barcelona juga akan menjadi duel Ronaldo vs Lionel Messi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda