Scroll to Top

Awal 2012, Sebuah Gunung Es Berpisah dari Benua Antartika

By Ilham Choirul / Published on Saturday, 05 Nov 2011

gunung esDi tengah santernya pemanasan global dengan mencairnya es di kutub, kini muncul kehebohan baru tentang hadirnya sebuh gunung es raksasa di barat antartika. Gunung es ini diperkirakan terbentuk awal 2012 mendatang yang terjadi akibat tanahnya retak dan memisahkan diri dari benua antartika.

Gunung es ini diramalkan akan bergerak ke utara dengan bantuan angin dan gelombang laut. Keretakan yan terjadi sudah mencapai 30 kilometer dengan kedalaman 60 meter, dan berada di depan Pine Island Glacier (PIG).

Selain gunung bakal bergerak, efeknya akan mengena ke rantai makanan dan pertambahan jumlah air di bumi. Pergerakan menyebabkan mencairnya es sampai jutaan ton liter. Binatang juga kesulitan mencari makanan karena akses mereka terputus. Rantai makanan juga akan terpengaruh karena itu.

Menurut peneliti, hadirnya gunung es ini dianggap sesuatu yang wajar dan terjadi tiap siklus 10 tahun. “Gunung es besar terakhir muncul pada 2001,” kata¬† Michael Studinger, peneliti IceBridge Project, seperti diutip National Geographic.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda