Scroll to Top

Es Krim Temulawak Ini Bisa Sehatkan Liver

By Ilham Choirul / Published on Saturday, 05 Nov 2011

ice cream

Siapa yang tidak mau makan enak tapi badan tetap bugar? Kalau Anda pecinta makanan seperti ini, bisa Anda coba es krim temulawak yang ditemukan beberapa mahasiswa UGM, Yogyakarta. Keisengan Topan Sawitra, Ina Rahmawati, Arum Setianingrum, Widi, dan Khairul Ikhsan meracik temulawak ini, sebenarnya berawal dari pengetahuan mereka tentang manfaat salah satu dari umbi-umbian ini.

Perlu Anda tahu, menurut penelitian Prof. Dr. R. Sidik — seorang Guru Besar Emeritus Fakultas Farmasi di Universitas Padjajaran (Unpad), Bandung — temulawak sangat manjur untuk mengobati penyakit hati atau liver. Ada zat dalam temulawak yang berfungsi sebagai hepatoprocter, yaitu kurkumin. Dengan sehatnya organ hati, maka dapat mencegah berbagai penyakit seperti kolesterol, diabetes, dan lain-lain.

Nah, es krim temulawak ini memadukan komponen umbi tersebut bersama bahan lainnya. Rasanya pun senikmat es krim kebanyakan. Manis, lembut, dan tentunya menyejukkan tenggorokan. Tapi, jangan kebanyakan. Karena, temulawak punya efek menambah nafsu makan. Bisa-bisa perut Anda jadi melar karena nafsu makan tinggi.

Oleh para mahasiswa ini, es krim inovasinya diberi nama Abilawa. Cara membuatnya mudah loh. Cukup gunakan setengah kilo temulawak serbuk dan campurkan air panas. Saring campuran tersebut lalu tambahkan air jeruk nipis pada hasil saringan. Setelah dingin, ramuan temulawak tersebut diolah bersama bahan es krim lain yang meliputi susu, gula, garam, pengemulsi, dan penyetabil.

Untuk sementara, es krim Abilawa masih dipasarkan di sekitar Yogya. Harganya hanya Rp 2.500 untuk satu cup es krim yang kaya gizi. Dan, setiap kali produksi, akan tersedia stok es krim sebanyak 60 cup dengan berat 100 ml.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda