Scroll to Top

Adam Maher: The Next Ibrahim Afellay Yang Siap Hijrah ke Barcelona?

By Fitra Firdaus / Published on Saturday, 05 Nov 2011

Adam Maher. Pemuda berusia 18 tahun ini tengah diperebutkan oleh klub-klub besar Eropa. Bergabung dengan AZ Alkmar sejak musim lalu, penampilan ciamik gelandang keturunan Maroko ini menggoda Barcelona, AC Milan, Olympique Lyonnais, dan Manchester City.

Adam Maher

Memulai debut pada 15 Desember 2010, Maher langsung menunjukkan bahwa ia termasuk dalam salah satu talenta yang pernah dibina AZ Junior. Dalam debutnya, Maher mencetak gol AZ saat melawan BATE Borisov (3-0)di Europa League.

Gol ini mencatatkan dirinya sebagai pemain termuda klub Belanda yang mampu mencetak gol sepanjang sejarah Europa League dan pendahulu kompetisi ini, UEFA Cup. Saat itu, ia baru berusia 17 tahun dan 147 hari.

Musim lalu, Adam Maher memang menjadi pilihan kedua di skuad peringkat 4 Eredivisie. Maher cuma bermain 4 kali dengan 1 gol. Namun, musim ini, ketika rumput Liga Belanda masih bisa menyaksikan matahari musim panas membakar, Maher sudah bermain 8 kali dengan menyumbangkan 1 gol.

http://www.youtube.com/watch?v=M9Lv6AZYM1w

Klub-klub besar Eropa pun menyebar mata-mata. Adam Maher dipastikan tidur tak tenang ketika mendengar Barcelona dan AC Milan, dua klub bertradisi juara, berminat kepadanya. Bertahun lalu, Lyon dan Milan mungkin masih bisa dibuat sabar menunggu.

Namun, siapa yang tidak tergoda dengan servis pemain dengan visi bermain cemerlang dan umpan-umpan yang bisa membuat jantung suporter lawan nyaris copot ke angkasa stadion?

Bergabung ke Manchester City pasti bukan pilihan tepat. Walaupun beberapa waktu lalu manajer Roberto Mancini pernah berkata ia kekurangan gelandang, The Citizens tak butuh tenaga muda belia.

Nasib Karim Rekik, rekan yang ditetaskan Feyenoord kemudian diculik City, bisa menjadi bukti. Pemain berusia 17 tahun ini sampai sekarang belum mampu menembus daftar pilihan utama Roberto Mancini.

Merapat ke Barcelona juga bukan pilihan apik. Maher bisa melihat Ibrahim Afellay. Pemain yang digadang-gadang akan memberikan kontribusi maksimal untuk masa depan Belanda itu tenggelam. Ia berada di balik deretan pemain Spanyol dan jebolan akademi La Masia kesukaan Pep Guardiola.

Dengan kontrak yang berakhir pada Juni 2015, Maher akan menjadi aset penting bagi AZ. Setidaknya, semakin jauh jarak pembelian, semakin besar pula harga pemain setinggi 174 cm ini. Di Barcelona, mungkin Maher akan menjadi cadangan. Namun, berlaga bersama tim dengan sepakbola supermenyerang, tentu merupakan keasyikan tersendiri.

Satu yang perlu dilakukan Maher kala dikontrak Barcelona adalah, tetap tunduk pada skema Pep Guardiola. Zlatan Ibrahimovic yang kepalanya begitu keras belakangan menyebut semua pemain Barcelona bagaikan “manusia tak bernyawa” yang patuh mutlak pada mantan pemain Barcelona dan Brescia tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda