Scroll to Top

Ditemukan: Film Wawancara Steve Jobs Yang Sempat Hilang

By Oktavianus Arthadiputra / Published on Sunday, 06 Nov 2011

Saat mantan CEO dan co-founder Aplle, Steve Jobs, menghembuskan nafas terakhir di usia 56 tahun pada Kamis (6/10) lalu, tokoh dunia dan penggemarnya turut berduka. Mereka seakan tidak percaya jika tokoh visioner itu telah meninggal dunia setelah sekian lama berjuang melawan sakit kanker pancreas yang dideritanya.

Steve Jobs Muda

Cerita tentang sisi humanis Jobs menjadi berita utama media di seluruh dunia dan menjadi inspirasi banyak orang. Begitu pula kisah Jobs usai dikeluarkan dari perusahaan Apple, yang ikut didirikannya, hingga kembali ke perusahaan itu pada 1996.

Namun, bagaimanakah sebenarnya perasaan Jobs saat meninggalkan perusahaan Apple di tahun 1985? Apa tanggapannya tentang kejadian itu?  Penggemarnya pasti menganggap bahwa pertanyaan itu akan menjadi misteri yang tak terungkap.

Beruntung, penulis dan produser Robert Cringely pernah melakukan wawancara bersama Jobs di tahun 1995, dan merekam jawaban Jobs tentang terdepaknya ia dari Apple. Rekaman berdurasi sekitar 70 menit itu merupakan rekaman program acara miniseri PBS berjudul “Triumph of the Nerds: The Rise of Accidental Empires”, tentang kemunculan PC dan Silicon Valley.

Wawancara itu dilakukan di Redwood City, California, berbentuk tanya jawab. Dalam wawancara tersebut, pembicaraan mengarah pada berbagai sisi lain sosok Jobs. Tentang penampilannya, kemarahan, dan humor. Cringely sangat ingat saat mata Jobs berkaca-kaca menceritakan Microsoft dan kekecewaannya saat dikeluarkan dari Apple.

Awalnya, rekaman wawancara bersama Jobs tidaklah utuh. Ada potongan 10 menit percakapan yang hilang dari kaset rekaman aslinya. Cringely berusaha untuk menemukan bagian yang terpotong itu dengan cara menghubungi sutradara “Triumph”, Paul Sen.

Sutradara tersebut ingat bahwa telah membuat copy-an VHS rekaman itu dan menyimpan di garasi rumahnya di Inggris. Berkat bantuan Sen, film rekaman berjudul “Steve Jobs : The Lost Interview” siap untuk diputar di bioskop tanggal 16 dan 17 November.

Film itu dijadwalkan akan diputar di 19 kota di Amerika. Sedangkan pemutaran di tempat tinggal Jobs, Palo Alto, film ini rencananya akan diputar pada 22 November mendatang.

Simak cuplikan wawancaranya berikut:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda