Scroll to Top

Hasil Kualifikasi MotoGP Valencia : Pole Position, Casey Stoner Samakan Rekor Mick Doohan

By Rheza Fadhlillah / Published on Sunday, 06 Nov 2011

casey stoner valencia 2011

Casey Stoner mendominasi jalannya kualifikasi seri terakhir MotoGP musim 2011 di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia.

Stoner memimpin di posisi pertama sepanjang berlangsungnya sesi kualifikasi dan berhasil mencetak waktu tercepat satu menit 31.861 detik guna mengklaim pole position ke-12 sepanjang musim. Hasil tersebut membawa Stoner menyamai rekor yang dimiliki oleh Mick Doohan, legenda MotoGP yang juga berasal dari Australia.

Selain menyamai rekor Doohan, Stoner juga secara mengejutkan mampu membuat jarak lebih dari satu detik dari pembalap dibelakangnya, Dani Pedrosa, yang tak lain adalah rekan satu timnya.

Kejutan datang dari kubu Ducati ketika Randy de Puniet dari Pramac Ducati secara mengejutkan mampu berada di posisi tiga besar. Namun sayang posisinya tergeser oleh Ben Spies di akhir sesi sehingga ia harus puas berada di posisi keempat.

Sementara dua pembalap pabrikan Ducati, Nicky Hayden dan Valentino Rossi, hanya mampu berada di posisi keenam dan ketujuh. Mereka kalah bersaing dengan pembalap Suzuki, Alvaro Bautista.

Andrea Dovizioso yang harus terjatuh saat hendak menyelesaikan putaran terakhirnya harus puas berada di posisi kedelapan. Hector Barbera dan Karel Abraham melengkapi posisi sepuluh besar.

Pada laga pamungkas MotoGP musim 2011 ini terlihat Stoner masih menunjukan dominasinya di antara pembalap-pembalap lain. Namun , ada hal menarik yang terjadi sepanjang sesi akhir minggu yaitu bangkitnya pembalap-pembalap Ducati yang mampu masuk ke posisi lima besar.

Mereka tampil luar biasa kala menghadapi sesi latihan bebas yang berlangsung dalam kondisi licin akibat hujan. Jadi kesimpulannya apabila balapan berlangsung dalam lintasan kering maka Repsol Honda kemungkinan kembali berjaya dengan Casey Stonernya.

Bahkan Repsol Honda juga bisa saja membawa ketiga pembalapnya menguasai podium apabila Dovizioso mampu tampil luar biasa dari posisi kedelapan. Namun, apabila hujan membasahi sirkuit pada balapan nanti, maka jalannya balap akan sulit di prediksi.

Akan ada kemungkinan nama-nama pembalap Ducati seperti Hayden, Rossi, atau De Puniet dapat mengisi posisi podium. Kesempatan yang sama juga dimiliki oleh pembalap Suzuki Alvaro Bautista.

Hasil Kualifikasi MotoGP Valencia, Ricardo Tormo :

  1. Casey Stoner Honda 1:31.861s
  2. Dani Pedrosa Honda + 1.014s
  3. Ben Spies Yamaha + 1.196s
  4. Randy de Puniet Pramac Ducati + 1.257s
  5. Alvaro Bautista Suzuki + 1.582s
  6. Valentino Rossi Ducati + 1.617s
  7. Nicky Hayden Ducati + 1.795s
  8. Andrea Dovizioso Honda + 1.963s
  9. Hector Barbera Pramac Ducati + 2.325s
  10. Karel Abraham Cardion Ducati + 2.404s
  11. Cal Crutchlow Tech 3 Yamaha + 2.468s
  12. Loris Capirossi Pramac Ducati + 2.810s
  13. Toni Elias LCR Honda + 2.819s
  14. Hiroshi Aoyama Gresini Honda + 2.977s
  15. Katsuyuki Nakasuga Yamaha + 4.138s
  16. Josh Hayes Tech 3 Yamaha + 4.181s

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda