Scroll to Top

Kanker Prostat Ada Sejak Zaman Mesir Kuno

By Ilham Choirul / Published on Sunday, 06 Nov 2011

mumi

Kemunculan kanker ternyata tidak hanya terjadi pada zaman modern saja. Di zaman kuno, saat gaya hidup tidak seinstan masa kini, sudah ada kasus kanker yang menyerang orang di zaman tersebut. Kesimpulan ini didapat dari hasil otopsi terhadap sebuah mumi dari zaman Mesir kuno yang diperkirakan hidup pada 2.250 tahun yang lalu.

Mumi tersebut, menurut peneliti, mengidap kanker prostat. Tanda-tanda kanker terlihat pada sebuah bentuk yang menyerupai pola tumor bulat dan padat. Pola itu didapatkan pada daerah tulang belakang, yang selama ini menjadi ciri khas kanker prostat. Jenis kanker ini bisa menjangkiti area pinggul, tulang belakang, lengan atas, tulang kaki dan rusuk, hingga ke seluruh tulang.

Carlos Prates, seorang radiolog di Lisbon, mengungkapkan, identifikasi kanker prostat pada mumi ini memakai alat Multi Detector Computerized Tomography (MDCT) yang mampu menampilkan pencitraan kualitas tinggi. Diperkirakan, saat meninggal mumi tersebut berusia 51-60 tahun. Posisi meninggalnya dalam keadaan tangan bersilang dan mengalami lumbosacral osteoarthritis.

“Temuan ini merupakan kasus kanker prostat tertua yang menimpa kehidupan Mesir kuno,” kata Prates, seperti dikutip National Geographic.

2 thoughts on “Kanker Prostat Ada Sejak Zaman Mesir Kuno”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda