Scroll to Top

Mengapa Masih Banyak Pengguna Android Gunakan Versi Foryo?

By Moch Ridwan / Published on Sunday, 06 Nov 2011
Froyo masih berjaya?

Sepertinya tahun 2011 ini merupakan tahun kebangkitan dari sistem operasi Android. Sejak diperkenalkannya sistem operasi ini September 2008 lalu hingga saat ini, gadget yang dibenamkan Android masih menjadi primadona. Terlebih lagi di dorong dengan semakin populernya Tablet PC.

Tapi sayangnya walau Android versi terbaru saat ini sudah sampai ke Ice Cream Sandwich. Namun kenyataannya masih banyak smartphone diluar sana yang masih menggunakan generasi Android yang terbilang lama yaitu Froyo. Tahukah Anda bahwa 40,7 persen smartphone yang beredar saat ini masih menggunakan Froyo?

Google mengeluarkan sistem operasi Android berdasarkan nama-nama makanan penutup (desert). Jika dirunut dari awal pengeluarannya maka Google menamakan sistem operasinya sesuai urutan abjad yaitu Cupcake, Donut, Eclair, Froyo, Gingerbread, Honeycomb, dan Ice Cream Sandwich. Bila dilihat dari urutannya memang sih bisa dibilang jika Froyo bukanlah sistem yang lama-lama banget.

Masih banyaknya para pengguna smartphone Android yang masih menggunakan Froyo dimungkinkan disebabkan banyak sekali gadget yang sudah siap memakai Gingerbread ternyata vendor merilisnya dengan mengunakan Froyo dengan demikian pengguna pun dituntut untuk mengupgrade sendiri.

Faktor lain yang berpengaruh adalah update dari setiap vendor tidak langsung muncul ketika Android terbaru diluncurkan. Sebagai contoh kasus adalah LG Optimus 3D memiliki update ke Gingerbread baru muncul awal November ini padahal telepon genggam ini sudah muncul pertengahan tahun 2011.

Jika kita bandingan antara Gingerbread maka besarnya gadget yang menggunakan versi Android 2.3 ini hanya terpaut 4.4 persen yaitu sekitar 44.4 persen. Bagaimana dengan Android Honeywcomb? Pengguna Android versi
3.0 ini ternyata jauh lebih kecil yaitu sekitar 1.8 persen. Bisa jadi kecilnya prosentase Honeycomb disebabkan versi ini baru saja dirilis tahun ini jadi masih banyak yang belum melakukan upgrade.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda