Scroll to Top

Hasil Akhir MotoGP Valencia : Casey Stoner Menang Tipis Dari Ben Spies

By Rheza Fadhlillah / Published on Sunday, 06 Nov 2011

stoner

Balapan penutup yang penuh drama mewarnai GP Valencia di Sirkuit Ricardo Tormo. Casey Stoner keluar sebagai pemenang setelah sukses melibas Ben Spies beberapa meter sebelum menyentuh garis finis.

Lomba diawali oleh insiden tabrakan 4 pembalap yang terjadi pada tikungan pertama. Alvaro Bautista, Valentino Rossi, Nicky Hayden, dan Randy de Puniet menjadi korban dari insiden tersebut.

Insiden dimulai ketika Bautista terjatuh karena ban depan motornya tersenggol ban belakang Andrea Dovizioso. Bautista pun terjatuh seketika lalu menabrak Rossi yang kemudian secara beruntun melibatkan Hayden dan de Puniet.

Beruntung tidak ada kejadian fatal yang menimpa keempat pembalap sehingga balapan masih tetap di lanjutkan dengan Stoner memimpin jauh di depan rekan satu timnya, Dani Pedrosa dan Andrea Dovizioso.

Duel sengit terjadi di belakang Stoner melibatkan Pedrosa, Dovizioso, dan Ben Spies memperebutkan tempat kedua. Aksi saling salip antara ketiga pembalap terjadi sejak awal hingga pertengahan lomba sementara Stoner aman di depan dengan keunggulan 8 detik.

Ben Spies memulai aksi hebatnya dengan menyalip Pedrosa sebelum kemudian melancarkan serangan berikutnya kepada Andrea Dovizioso ketika hujan rintik mulai membasahi permukaan sirkuit.

Seiring dengan lintasan yang semakin licin, Stoner rupanya mencoba bermain aman dengan tidak memaksakan motornya melaju lebih cepat. Hal tersebut membuat Spies dan Dovizioso sejurus kemudian berada dua detik di belakang Stoner.

Tiga putaran terakhir bahkan Spies mampu menyusul Stoner dan mencoba mempertahankan posisinya dari pembalap Australia tersebut. Sayang beberapa meter menjelang finis Spies harus rela menunda pesta kemenangan perdananya setelah Stoner datang menyentuh garis finis 0.015 detik lebih cepat darinya.

Stoner menyentuh finis pertama diikuti Spies dan Dovizioso di posisi dua dan tiga secara berurutan. Carl Cruthlow yang tampil gemilang mampu finis di posisi empat menungguli Pedrosa di posisi kelima.

Dua pembalap pengganti, Katsuyuki Nakasuga dan Josh Hayes finis di posisi ke tujuh dan delapan. Karel Abraham yang terjatuh pada putaran akhir lomba akhirnya mampu finis ke delapan diikuti Loris Capirossi di posisi sembilan.

Ini merupakan seri terakhir bagi Capirossi sebelum ia resmi pensiun dari dunia balap pada akhir tahun. Toni Elias, Hector Barbera, dan Hiroshi Aoyama menjadi tiga pembalap terakhir yang menyentuh garis finis dari total 12 pembalap yang tersisa.

  1.  Casey Stoner Honda 48:18.645s
  2.  Ben Spies Yamaha + 0.015s
  3.  Andrea Dovizioso Honda + 5.936s
  4.  Cal Crutchlow Tech 3 Yamaha + 8.718s
  5.  Dani Pedrosa Honda + 9.321s
  6.  Katsuyuki Nakasuga Yamaha + 23.818s
  7.  Josh Hayes Tech 3 Yamaha + 33.118s
  8.  Karel Abraham Cardion Ducati + 37.952s
  9.  Loris Capirossi Pramac Ducati + 48.953s
  10.  Toni Elias LCR Honda + 52.501s
  11.  Hector Barbera Aspar Ducati + 1:06.519s
  12.  Hiroshi Aoyama Gresini Honda + 1:08.760s

Retirements:

  • Alvaro Bautista Suzuki
  • Randy de Puniet Pramac Ducati
  • Nicky Hayden Ducati
  • Valentino Rossi Ducati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda