Scroll to Top

Mulai Sekarang, Anda Bisa Kirim Surat untuk Astronot

By Ilham Choirul / Published on Tuesday, 08 Nov 2011

kantor pos

Mau kirim surat ke luar angkasa? Bisa. Datang saja ke kantor pos luar angkasa yang Oktober 2011 lalu dibuka di Beijing, Cina. Di sini Anda akan mendapati sebuah kantor pos yang memungkinkan Anda mengirim surat kepada para astronot yang sedang berada di stasiun ruang angkasa. Menarik bukan?

Kantor pos ini dioperasikan oleh Beijing Post, sebuah perusahaan media massa di China. Sementara itu, di atas langit, didirikan kantor pos maya di pesawat ruang angkasa berawak yang dikepalai Yang Liwei. Dia ini astronot pertama di China yang mencicipi sunyinya ruang angkasa. Dan, kantor pos maya ini punya kode pos sendiri, yaitu 901001.

Secara bertahap, China meluncurkan dua kali misi ke ruang angkangsa. Diawali dengan peluncuran Shenzou-8 yang berupa pesawat tidak berawak pada beberapa minggu lalu. Dan, China juga akan mengirimkan misi pesawat berawak pada 2012 nanti dengan nama Shenzou-9. Melalui pesawat inilah surat dari bumi akan dibawa serta ke stasiun ruang angkasa.

Bagi penggemar filateli, tersedia prangko khusus bertema ruang angkasa. Prangko ini pula yang dipakai sebagai pengganti biaya kirim yang dibubuhkan pada surat. Asiknya, selain bisa berkirim kabar pada astronot, Anda pun bisa mengirimkan surat pada diri sendiri dengan amplop yang dijual terpisah dari prangko. Kalau Anda mengirim surat ke astronot, surat tersebut akan dijawab mereka, langsung dari kantor pos maya di ruang angkasa.

“Orang bisa mengirim foto pernikahan mereka, misalnya, untuk diangkut di pesawat ruang angkasa. Kantor pos ruang angkasa akan membalas surat mereka pada tanggal yang disepakati,” kata manajer kantor pos di Beijing, seperti dikutip BBC.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda