Scroll to Top

Tes Laser Untuk Menentukan Keaslian Wiski

By Ika / Published on Monday, 07 Nov 2011

Seorang peneliti India yang berada di Skotlandia berhasil menemukan cara untuk mengindektifikasi wiski palsu dengan tes laser. Penemuan inipun dianggap dapat menghentikan kasus-kasus pemalsuan minuman beralkohol yang sering terjadi di banyak negara, khususnya di Asia.

Scotch Whisky

Menurut polisi-polisi di India, mereka sudah mengetahui bahwa pemalsuan wiski ini dilakukan oleh kelompok-kelompok yang teroganisir secara rapi. Mereka hanya membeli botol kosong, membuat label mereka sendiri, lalu membuat campuran antara Scotch (wiski dari Skotlandia) yang asli dengan wiski lokal yang murah.

Tes laser untuk mengindentifikasi wiski ini ditemukan oleh 3 orang ahli dari Universitas St.Andrews, ketiganya adalah fisikawan dari India. Sebagaimana dikutip Sidomi News dari Telegraph, ketiga fisikawan ini mengklaim bahwa penemuan mereka dapat menentukan keaslian wiski hanya dalam waktu dua detik saja.

Untuk menguji asli atau palsu pada sebuah wiski, tes laser ini sendiri didasarkan pada level atau kadar alkohol yang ada di dalam wiski tersebut. Menurut mereka, kadar alkohol dari setiap wiski selalu berbeda. Perbedaan ini juga dipengaruhi oleh usia dari wiski tersebut.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda