Scroll to Top

Berita Terkini Hari Ini: SBY Batal Membacakan Puisi untuk Jokowi di Acara Pelantikan Presiden

By Aditya / Published on Monday, 20 Oct 2014

jokowi sby 2

Berita Terkini Hari Ini – Pembacaan puisi untuk Joko Widodo (Jokowi) dari Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di acara pelantikan presiden 2014 akhirnya dibatalkan. Pasalnya, acara tersebut dinilai akan memakan waktu terlalu lama. Pembatalan ini disampaikan oleh Menteri Koordinator Perekonomian, Chairul Tanjung.

“Kelamaan, kasihan Joko Widodo harus menunggu SBY mendengarkan puisi hingga selesai. Ketika Jokowi datang tak ada puisi, jadi ketika SBY pulang juga tak usah ada puisi. Ini perlakuan sama saja,” ujar Chairul Tanjung di Istana Negara, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Jokowi sendiri telah resmi menjadi Presiden Republik Indonesia menggantikan SBY setelah dilantik pada tanggal 20 Oktober 2014 sekitar pukul 10.25 WIB di Gedung Nusantara MPR. Bersama Jusuf Kalla (JK) selaku Wakil Presiden terpilih, Jokowi akan memimpin jalannya pemerintahan selama 5 tahun ke depan yakni periode 2014-2019.

“Demi Allah saya bersumpah, akan memenuhi kewajiban Presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya dan dengan seadil-adilnya. Memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan segala Undang-undang dan peraturannya. Dengan setulusnya serta berbakti kepada nusa dan bangsa,” kata Jokowi mengucapkan sumpahnya yang kemudian disusul oleh ucapan sumpah oleh Jusuf Kalla.

Jokowi dan JK telah ditetapkan sebagai pemenang pemilihan capres-cawapres 2014 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada tanggal 22 Juli 2014 lalu. Pasangan nomor urut 2 ini memperoleh 70.997.833 suara atau 53,15% dari total suara sah dan mengalahkan pasangan nomor urut 1, yakni Prabowo Subianto dan Hatta Rajasa.

“Menetapkan pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden terpilih dalam Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden tahun 2014 nomor urut 2, Saudara Ir H Joko Widodo dan Saudara Drs H M Jusuf Kalla,” demikian Ketua MPR, Zulkifli Hasan, membacakan surat keputusan KPU tersebut.

Komentar Anda