Scroll to Top

Google Semakin Waspada Terhadap Siri

By Moch Ridwan / Published on Monday, 07 Nov 2011

Hadirnya fitur ‘Siri’ yang terdapat di menu iPhone 4S ternyata dianggap sebagai ancaman baru bagi Google. Google yang selama ini mendominasi pasar mesin pencarian rupanya sudah mulai was-was dengan adanya saingan baru dalam teknologi pencarian di intrnet.

Beberapa ancaman sebelumnya juga lebih dulu hadir seperti integrasi Facebook dengan Bing sebagai default mesin pencari di situs jejaring sosial tersebut serta atau real-time search yang dii hadirkan oleh Twitter. Akan tetapi dirilisnya Siri merupakan salah satu hal yang paling membuat Google cemas.

Google semakin waspada dengan kehadiran Siri

Google executive chairman, Eric Schmidt menyatakan, “Apple telah merilis suatu pendekatan baru dalam teknologi pencarian melalui Siri, yaitu ‘voice-activated search serta pemenuhan perintah yang dibenamkan dalam iPhone 4S,”

Meskipun dalam smartphone Apple mereka menggunakan Google sebagai default mesin pencarian, di lain itu juga memakai Bing sebagai pilihan lain bagi konsumen. Namun kenyataannya yang membuat Google waspada adalah Apple telah mendesain Siri sedemikian rupa dimana Siri bisa menggunakan Google jika seperlunya saja.

Ini artinya jika Anda bertaya pada Siri, maka Siri akan menggunakan web sebagai sumber daya terakhirnya, dengan melewatkan pencarian melalui Google sebagau default mesin pencariannya , akan tetapi akan mengklaim jawaban terbaiknya melalui Wolfram Alpha, Yelp, atau web service lainnya. Secara alami, hal inilah yang membuat Google semakin was-was.

Apalagi saat ini didukung dengan data yang mengklaim bahwa Google menguasai 44% hasil pencarian yang menggunakan gadget mobile yang menggunakan Android, dan Apple telah menguasai sekitar 27% pasar mobile di Amerika dan angka ini semakin meningkat setiap tahunnya, maka Google pun semakin panik dengan keberadaan Siri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda