Scroll to Top

Inter Island Cup 2011: Bukti Kesiapan PT Liga Indonesia Menggelar ISL?

By Fitra Firdaus / Published on Monday, 07 Nov 2011

12 klub siap berkompetisi di Inter Island Cup 2011. Turnamen yang diselenggarakan oleh PT Liga Indonesia ini akan digelar sepanjang November ini. ANTV, pemegang hak siar ISL, berhak menayangkan turnamen yang menandai bergulirnya Liga Super Indonesia.

Inter Island Cup 2011

Inter Island Cup bukanlah hal baru. Yang membedakan turnamen ini dengan turnamen sebelumnya adalah eksistensi pesertanya. 12 klub yang berlaga kebanyakan tidak mau berlaga di Indonesian Premier League.

Persipura sang juara bertahan yang sebelumnya diduga akan merapat ke LPI, ternyata tetap konsisten untuk masuk ke Indonesian Super League. Persija “lama” yang sebulan belakangan menahan geram karena tidak disahkan PSSI, juga akan turut serta.

Sementara itu, Mitra Kukar yang baru saja memboyong Marcus Bent, penyerang Liga Inggris,belum pasti akan mengikuti Inter Island Cup. Jika hal ini terjadi, mungkin saja tindakan Mitra Kukar akan mengecewakan PSSI. Mengingat, kedatangan Marcus Bent menjadi highlight yang diusung oleh situs resmi IPL, ligaprimaindonesia.co.id.

Ketika Mitra Kukar masih belum menentukan sikap, Arema, yang sempat dinyatakan sebagai salah satu tuan rumah, terpaksa gigit jari. Menurut PT Liga Indonesia, Singo Edan mesti menyelesaikan dahulu konflik intern mereka.

Seperti Persija dan Persebaya, Arema terbelah menjadi dua bagian dan dua faksi tersebut tak mau disebut Arema palsu. Akibatnya, keikutsertaan mereka di Inter Island Cup tahun ini dibatalkan.

Grup A Persisam
Mitra Kukar
Persiba Balikpapan
Grup B Persipura
PSPS Pekanbaru
Deltras Sidoarjo
Grup C Persela
Persiwa
Persija
Grup D Pelita Jaya
Persidafon
Sriwijaya FC

Turnamen ini sendiri digelar dengan cukup unik. Ingat dengan Trofeo TIM yang mempertemukan Juventus, Internazionale, dan AC Milan menjelang Serie-A awal musim ini? Sistemnya sama.

Tiga klub berlaga dalam satu pertandingan non-stop. Masing-masing klub dipertemukan dalam 45 menit yaitu:
Babak I: tim A vs tim B
Babak II: tim B vs tim C
Babak III: tim C vs tim A.

Jika selama waktu tersebut kedudukan imbang, pemenang ditentukan dengan adu penalti.

Putaran penyisihan akan digelar pada 8–9 November di tiga stadion. Yaitu, Stadion Segiri Samarinda, Surajaya Lamongan, dan Singaperbangsa kandang Pelita Jaya.

Masing-masing juara grup akan lolos ke semifinal pada 24 November 2011. Artinya, ada jeda sekitar 15 hari turnamen ini. Seolah, demi menghormati SEA Games 2011 yang jadwal awalnya, bertabrakan dengan jadwal Inter Island Cup.

Perebutan tempat ketiga berlangsung pada 25 November dan final terjadi sehari setelahnya.

 Laga  Keterangan Tanggal Pukul Stadion TV
Penyisihan Grup A 8 November 2011 16.00 Segiri, Samarinda ANTV
Grup B 9 November 2011 16.00 Surajaya, Lamongan ANTV
Grup C 9 November 2011 1900 Surajaya, Lamongan ANTV
Grup D 10 November 2011 16.00 Singaperbangsa, Karawang ANTV
Semifinal 24 November 2011 Manahan, Solo ANTV
Tempat Ketiga 25 November 2011 Manahan, Solo ANTV
Final 26 November 2011 Manahan, Solo ANTV

Apa pun itu, jika Inter Island Cup 2011 berhasil, hal ini bisa dianggap sebagai tantangan bagi PSSI dan Liga Prima Indonesia. PSSI sempat mengklaim bahwa 18 klub siap mengikuti Indonesian Premier League.

Namun, dari jumlah tersebut, beberapa di antaranya memberontak. Sriwijaya FC contohnya. Klub ini mengaku PSSI memanipulasi data klub peserta IPL.

Dengan berlaganya klub-klub “sempalan”, PSSI bisa saja dianggap tidak becus menangani masalah yang semestinya bisa dirembug ulang. Namun, di balik semua itu, kita juga layak melihat kinerja PT LI.

Sejak ada IPL, PT Liga Indonesia yang ngotot merasa belum bubar, tampaknya gemar menjual citra baik. Kita lihat saja sejauh apa kesiapan mereka di turnamen pramusim versi mereka sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda