Scroll to Top

Samsung Galaxy V atau Asus Zenfone 4, Mana yang Harus Dipilih?

By Ditya / Published on Saturday, 25 Oct 2014
Samsung Galaxy V
Samsung Galaxy V

Samsung Galaxy V adalah smartphone entry-level terbaru yang dijual dengan harga Rp 1.199.000. Sedangkan Galaxy V harus menghadapi lawan tangguh yang dijual dengan harga yang lebi murah, yakni Asus Zenfone 4. Smartphone Zenfone 4 dijual dengan harga Rp 1.099.000. Lalu Samsung Galaxy V vs Asus Zenfone 4 mana yang harus dipilih?

Layar & Sistem Operasi

Asus Zenfone 4 ini dibekali layar sentuh berukuran 4 inci jenis TFT kapasitif dengan resolusi WVGA 800 x 480 piksel dengan kerapatan mencapai 233 piksel per inci. Layar Zenfone 4 ini dilindungi oleh lapisan antigores dari Gorilla Glass 3 dan menggunakan sistem operasi Android 4.3 Jelly Bean yang mendapat update ke Android 4.4 KitKat.

Sedangkan Samsung Galaxy V dipersenjatai oleh layar sentuh berukuran 4 inci dengan resolusi WVGA 800 x 480 piksel berteknologi TFT kapasitif touchscreen dengan kerapatan 233 piksel per inci. Galaxy V menggunakan sistem operasi Android 4.4 KitKat dengan antarmuka TouchWiz Essence UI.

Chipset & Prosesor

Sektor dapur pacu, Asus Zenfone 4 ini lebih bertenaga dibandingkan Samsung Galaxy V berkat dukungan prosesor Intel Atom Z2520 dual-core berkecepatan 1,2GHz yang dipadukan dengan memori RAM sebesar 1GB dan didukung oleh pengolah grafis mumpuni dari PowerVR SGX544MP2.

Sedangkan Samsung Galaxy V ini ditenagai oleh chipset Spreadtrum SC6815 yang mengusung prosesor single-core ARM Cortex-A7 berkecepatan 1,2GHz yang didukung oleh memori RAM sebesar 512MB dan dipadukan dengan pengolah grafis dari Mali-400.

Asus Zenfone 4

Kamera & Baterai

Sektor kamera, Asus Zenfone 4 ini dibekali kamera belakang dengan resolusi 5 megapiksel autofokus dan didukung oleh hadirnya kamera depan VGA untuk video call dan foto selfie. Zenfone 4 yang dirilis akhir-akhir ini telah dibekali baterai berkapasitas 1600mAh.

Sedangkan Samsung membekali Galaxy V dengan kamera resolusi 3 megapiksel lengkap dengan LED flash yang mampu merekam video dengan resolusi VGA @24fps. Galaxy V ini dibekali dengan kamera depan VGA. Smartphone Samsung Galaxy V ini dibekali baterai berkapasitas 1500mAh.

Konektivitas & Memori

Asus Zenfone 4 dengan memori internal sebesar 8GB yang didukung hadirnya slot microSD untuk ekspansi memori eksternal hingga 64GB. Konektivitas Zenfone 4 cukup lengkap dengan dukungan WiFi, Bluetooth, dual SIM, GPS, dan port microUSB.

Sedangkan Galaxy V ini dengan memori internal berkapasitas 4GB yang dilengkapi dengan microSD untuk ekspansi memori eksternal hingga maksimal 32GB. Vendor asal negeri ginseng melengkapi Galaxy V dengan konektivitas WiFi, Bluetooth, 3G HSPA, port microUSB, dan dual SIM.

Kesimpulan

Asus Zenfone 4 yang dijual dengan harga yang lebih murah mampu mengungguli spesifikasi Samsung Galaxy V di semua sisi, sebut saja kamera yang lebih baik, prosesor yang lebih cepat, memori RAM dan internal yang lebih besar, dan kapasitas baterai yang sedikit lebih besar.

Jelas Asus Zenfone 4 adalah pilihan utama dalam duel kali ini. Namun pilihan kembali pada selera masing-masing konsumen.

Komentar Anda