Scroll to Top

Sea Games 2011: Indonesia Bantai Kamboja

By Wan Faizal / Published on Monday, 07 Nov 2011

Timnas Indonesia U-23 yang bermain di ajang Sea Games 2011 berhasil mencatatkan kemenangan besar dalam laga perdananya, Senin (7/11). Bermain di Stadion Gelora Bung Karno, Titus Bonai dkk menghajar Kamboja U-23 dengan skor 6-0.

Pelatih Rahmad Darmawan memasang empat pemain bertipe menyerang yang memiliki kecepatan tinggi di awal laga, yakni Titus Bonai (Tibo), Patrick Wanggai, Ferdinand Sinaga, dan Okto Maniani.

Dalam sepuluh menit pertama, Indonesia mendapat dua peluang emas. Tandukan bek timnas, Abdul Rahman, hanya berakhir tipis di atas gawang Kamboja. Beberapa menit kemudian, Ferdinand nyaris membobol gawang Kamboja yang dikawal Sou Yaty, namun tendangannya masih menyamping.

Kamboja sebenarnya mampu merobek jala Kurnia Meiga di menit 20. Namun asisten wasit telah mengangkat bendera pertanda off-side.

Suporter tuan rumah akhirnya bersorak di menit 27. Berawal dari umpan silang yang dilepaskan Stevie Bonsapia. Bola berhasil ditanduk Tibo yang tidak terkawal.

Dua menit kemudian, Patrick menambah gol Indonesia. Tendangan bebas yang indah yang dilepaskan Patrick dari sisi kiri pertahanan Kamboja tak mampu dihadang Yaty.

Menit 35 skor kembali berubah. Kesalahan kiper Kamboja dalam mengantisipasi corner kick Okto membuat Gunawan Dwi Cahyo dengan mudah menanduk bola ke dalam gawang yang sudah kosong.

Empat menit jelang bubaran, Patrick mencetak gol keduanya. Tendangan keras Okto dari dalam kotak penalti masih mampu dihalau bek Kamboja. Namun Okto berhasil mendapatkan bola muntah untuk kemudian dikirim pada Patrick. Babak pertama berakhir dengan kedudukan 4-0 untuk Garuda Muda.

Di awal babak kedua, Kamboja bermain lebih baik, meski serangan yang mereka hasilkan tak cukup membahayakan lini pertahanan timnas.

Beberapa peluang didapatkan Indonesia di babak kedua. Tendangan keras kapten Egi Melgiansyah masih membentur mistar gawang. Begitu juga dengan peluang yang didapat Patrick dan Okto.

Indonesia merubah kedudukan menjadi 5-0 di menit 80. Gol berawal dari sepak pojok yang diambil Andik Vermansyah yang memberikan umpan pendek pada Okto. Andik yang mendapat umpan lagi dari Okto menggiring bola dan melepaskan tendangan keras yang membuat Yaty tertunduk lagi.

Ramdani Lestaluhu mengakhiri pesta gol Indonesia di menit 84. Menerima umpan Andik, Ramdani mampu menceploskan bola ke dalam gawang yang sudah ditinggal kiper. Hasil akhir, Indonesia 6-0 Kamboja.

Dengan hasil ini, Indonesia untuk sementara memuncaki klasemen Grup A. Di pertandingan selanjutnya, Indonesia akan menghadapi Singapura, pada hari Jumat (11/11) pukul 14.00 WIB.

Susunan pemain:

Indonesia: Kurnia Meiga, Stevie Bonsapia, Abdul Rahman, Gunawan Dwi Cahyo, Diego Michiels, Egi Melgiansyah, Hendro Siswanto (Ramdani Lestaluhu 71’), Okto Maniani, Ferdinand Sinaga (Andik Vermansyah 63’), Titus Bonai, Patrick Wanggai (Yongki Aribowo 87’)

Kamboja: Sou Yaty, Sok Rithy, Sok Sovan, T. Pancharong, Khoun Laboravy, Tum Saray (Pov Phearith 57’), Pheak Rady, Sos Suhana, Chun Sothearath, Chin Choeun, P. Soksana (Keo Sokngon 67’)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda