Scroll to Top

Profil & Biodata Pratikno: Rektor UGM Jadi Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Indonesia 2014-2019 Kabinet Kerja Jokowi JK

By Fitra Firdaus / Published on Monday, 27 Oct 2014

Profil & Biodata Pratikno Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Indonesia 2014-2019 Kabinet Kerja Jokowi JK

Profil dan biodata Pratikno yang terpilih sebagai Menteri Sekretaris Negara Indonesia di Kabinet Kerja Jokowi-JK periode 2014-2019 membuktikan janji pemerintahan baru yang membuka diri untuk para profesional. Rektor UGM ini sudah bekerja dalam tim tiga yang membantu Joko Widodo untuk merampungkan bentuk kabinet.

Jika para menteri lain dalam Kabinet Jokowi JK baru ‘bekerja’ setelah pelantikan, lain lagi Pratikno yang disebut-sebut sudah berkiprah di pemerintahan baru beberapa hari sebelumnya. Disampaikan oleh Andi Widjajanto, mantan Deputi Tim Transisi, “Mensesneg yang baru sudah bekerja sejak Kamis (23/10). Dialah yang mempersiapkan semua pelantikan.”

Pratikno memiliki prestasi akademik yang spektakuler. Pria berusia 52 tahun ini mendapatkan gelar profesor bidang Ilmu Politik dari UGM.

Dilansir detik, ia juga mendapatkan gelar master Development Administration dari Birmingham University, Inggris (1991). Juga, helar Doktoral bidang Political Science dari Flinders University, Australia (1997). Pada 2009 lalu ia juga pernah menjadi moderator debat pilpres.

Kedekatan Pratikno dengan Jokowi tidak perlu dipertanyakan lagi. Bersama Andrinof Chaniago (UI) dan Cornelis Lay (UGM) ia termasuk dalam tim tiga yang menyelesaikan kerja Tim Transisi. Ia konon juga banyak membantu sang presiden dalam kampanye pemilu lalu.

Dalam perkenalan kepada rakyat Indonesia Minggu (26/10) lalu, Joko Widodo menyebut, “Beliau (Pratikno) anak desa yang juga sama dengan saya, masuk kota. Sekarang anak desa masuk Jakarta.”

Bukan anak desa biasa. Ditempa pengalaman hidup yang istimewa, rektor UGM sejak 2012 ini kini akan semakin besar dalam memberikan sumbangsih untuk Indonesia. Tugas pertama juga sudah dikerjakan Pratikno, yaitu menyiapkan sidang kabinet pertama yang akan dilangsungkan hari ini, Senin, 27 Oktober 2014.

Satu visi dengan Jokowi, peran Pratikno diyakini akan sangat besar untuk Kabinet Kerja yang banyak diharapkan rakyat ini.

Foto: ugm.ac.id

Komentar Anda