Scroll to Top

Bagian Hitam pada Makanan yang Dibakar Picu Kanker

By Ilham Choirul / Published on Tuesday, 08 Nov 2011

sate ayam

Kalau Anda penggemar sate atau makanan yang dibakar, pasti akan mendapati ada sebagian sisi dari makanan itu yang menghitam karena terlalu lama kena api. Menu barbeque ini yang sebaiknya Anda kurangi porsinya. Karena, kerak hitam bekas bakaran merupakan salah satu bentuk zat karsinogen yang memicu terbentuknya sel kanker.

Makanan bakar dan digoreng sama bahayanya. Keduanya dapat mengubah gula dan asam pada jaringan otot menjadi senyawa yang berpotensi menimbulkan kanker. Mutasi sel dari faktor makanan ini bisa muncul akibat konsumsi makanan yang diolah pada suhu tinggi dengan digoreng dan dibakar.

Kejadian tumor usus meningkat dari 31 persen menjadi 80 persen pada tikus tersebut setelah mengkonsumsi zat dari kerak daging,” kata peneliti dari Institut Kesehatan Publik Norwegia, seperti rilis Daily Express.

Penelitian di Noerwegia itu diujikan pada sebuah tikus yang diberikan enzim manusia. Lalu, tikus diberikan makanan daging merah yang mengandung kerak hitam hasil dibakar. Hasilnya, risiko kanker usus naik dua kali lipatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda